Wakil Bupati Tana Toraja Membuka Pemilihan Pengurus Forum Anak Sikamali’ Toraya Periode 2022-2024

admin IKP
0 0
Read Time2 Minute, 8 Second

DISKOMINFO, Makale – Pemilihan Pengurus Forum Anak Sikamali’ Toraya (FAST) dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Tammuan Mali’ pada Kamis (28/04/2022) tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, guru, anak-anak perwakilan dari tiap sekolah serta undangan lainnya.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan dalam mengisi kekuatan mental, spiritual dan pembentukan karakter anak, ada 3 hal dasar yang perlu kita perhatikan yaitu pihak orang tua, guru dan rohaniawan. Ketiga pihak ini saling bersinergi dalam membentuk karakter anak.

“Mendengar kasus kekerasan yang terjadi sepertinya tidak masuk akal tapi itulah kenyataan, hal ini disadari pemerintah oleh sebab itu keluarlah undang-undang perlindungan anak dan sebagainya untuk menjadi tempat kita agar bisa lebih berdaya”, ujar Beliau.

 Beliau yakin bahwa Forum Anak Sikamali’ Toraya dapat menjadi pelopor atas gebrakan positif yang dapat mempersatukan dan membangun negara khususnya Tana Toraja.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menyampaikan laporannya menyampaikan bahwa Pemilihan ketua forum anak didasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak No.11 tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Beliau menyampaikan, tahun lalu kekerasan anak dan perempuan ada 61 kasus dan paling banyak terhadap perempuan. Ada berbagai jenis kasus yang terjadi diantaranya hamil dan mengalami kekerasan (pemukulan).

Dilain sisi, Beliau menyampikan kekagumannya melihat anak sekarang yang sudah sangat berani tampil dan percaya diri dalam menyalurkan bakat atau talentanya.

“Saya yakin dan percaya anak-anak Toraja pintar dan berani karena tahun lalu saya melihat anggota forumnya kalau pidato atau tampil di depan umum tidak takut dan percaya diri”, ujar Beliau.

Selanjutnya Wakil Ketua TP PKK dalam kesempatan yang sama memyampaikan bahwa PKK akan terus bersinergi dan menjadi pelindung bagi forum anak.

Dikutip dari forumanak.id, Forum Anak Nasional (FAN) adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Saat ini FAN sudah tersebar mulai dari jenjang Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, hingga Provinsi.

Adapun hasil yang diharapkan dari forum anak adalah ;

  • Anak mampu mengenal karakter pribadinya, menemukan kekuatan dan kelebihan diri serta mengembangkan konsep diri yang positif
  • Anak mampu mengeluarkan talenta yang ada dalam dirinya
  • Anak memiliki keberanian dan berbagai pengalaman
  • Anak dapat memahami persamaan dan perbedaan yang ada
  • Anak bisa memahami prinsip-prinsip, hak dan perlindungan anak
  • Forum anak mampu menjadi fasilitator dan moderator terhadap perkembangan dan perilaku anakdu

Dalam kesempatan tersebut, selain pemilihan pengurus forum dilaksanakan juga pemilihan Duta Anak Kabupaten Tana Toraja Tahun 2022.(edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Gelar Sosialisasi DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022

DISKOMINFO, Makale – Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, SE menghadiri sosialisasi DAK Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022 di Kantor Dinas Pendidikan Tana Toraja. Sosialisasi yang dilaksanakan pada Kamis (28/4/2022)  dihadiri seluruh Kepala Sekolah tingkat SD, SMP dan PAUD. Selain itu, hadir juga Kajari Tana Toraja Erianto L Paundanan, […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu