Daya Saing Pariwisata Menjadi Prioritas Utama dalam Musrenbang Kecamatan Bittuang

DANIEL RANDANAN
Read Time1 Minute, 31 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tanggal 28-29 Januari 2020 bertempat di Gedung Tammuan Mali’ Kecamatan Bittuang Kabupaten Tana Toraja.

Camat Bittuang, Andi Palloan mengatakan “Daya Saing Pariwisata menjadi sektor prioritas Pemerintah Kecamatan dan masyarakat Bittuang untuk dibenahi kedepannya. Kita memiliki banyak potensi pariwisata mulai dari Sarambu Assing, Air Panas Alam Balla , Air Panas Alam Tiroan, Ratte Sarambu, Lo’ko Balanda dan banyak lagi, namun belum memberikan dampak yang besar sehingga kedepan Pariwisata menjadi prioritas utama kita”.

Pembenahan fasilitas penunjang seperti toilet, akses jalan masuk objek wisata , gazebo, loket retribusi perlu segera dilakukan.

Selain daya saing pariwisata, Kecamatan Bittuang juga fokus pada 3 pilar Pembangunan, pada pilar “Jangan Biarkan Rakyatku Bodoh” akan fokus pada Infrastruktur pendidikan seperti renovasi bangunan, mobiler, air bersih sekolah, dan toilet layak.

Pada pilar “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit” akan fokus pada penanganan Stunting, Pemerintah Kecamatan Bittuang bersama lurah/lembang sepakat penanganan stunting di intervensi APBL dimana 100 hari kehidupan ibu hamil dan balita dijamin asupan gizinya dan insentif bagi kader posyandu, penanganan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) akan bekerjasama dengan Pemerintah Lembang/Kelurahan menyiapkan data jumlah ODGJ disetiap Lembang/Kelurahan, serta pelayanan bagi penyandang disabilitas. Juga penyediaan Alat kesehatan di Puskesmas dan Pustu termasuk Tenaga Medis (Dokter Umum) di Puskesmas.

Pada pilar “Jangan Biarkan Rakyatku Lapar” program bantuan alat-alat pertanian seperti bibit untuk tanaman holtikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan cengkeh dan kopi sangat dibutuhkan kedepan. Pemerintah Kecamatan Bittuang juga tetap mengharapkan pelayanan bagi tomasiasi.

Pada persoalan daya dukung infrastruktur, Pemerintah Kecamatan Bittuang berharap penataan pasar Bittuang sebagai penyangga beberapa kecamatan termasuk penyangga sebagian wilayah Sulawesi Barat, termasuk tata kelola sampahnya.

Kecamatan Bittuang juga sangat membutuhkan air sehingga Program Penghijauan sangat perlu dilakukan.

Camat Bittuang mengharapkan kepekaan semua opd dan masyarakat untuk membangun dan menjadi teladan sesuai dengan talenta dan tanggung jawab yang telah diberikan. (tmk)

1 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musrenbang Tingkat Kecamatan Saluputti, Program Air Bersih jadi Prioritas Utama

DISKOMINFO, MAKALE – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan saat ini berlangsung di Kabupaten Tana Toraja, mulai akhir Januari hingga Februari 2020. Di Kecamatan Saluputti, Musrenbang kecamatan berlangsung di Tongkonan Bettuse, Lembang Ratte Talonge Kecamatan Saluputti, Rabu-Kamis, 29 – 30 Januari 2020. Camat Saluputti Arnold Sirenden mengatakan, “sektor prioritas Pemerintah […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram