Disdukcapil Tana Toraja Lakukan Perekaman Data KIA

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 17 Seconds

MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), selama dua hari (13-14 November 2019) melakukan perekaman data untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di SD Katolik Renya Rosari Paku Makale. Pembuatan KIA ini diperuntukkan untuk anak usia 5-16 tahun. Siswa/i berbaris dengan rapi, dan satu per satu dipanggil oleh petugas untuk di foto.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Soehartono A. Lebang mengatakan untuk Perekaman dan Pembuatan KIA, para siswa-siswi diwajibkan membawa berkas berupa kartu keluarga, akta kelahiran, akta perkawinan orang tua dan KTP orang tua.

“Kartu Identitas Anak yang selanjutnya disingkat menjadi KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota”, ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan Tono Lebang, tujuan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) tertuang dalam Pasal 2 Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak yaitu bahwa Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Dari dokumen yang sudah masuk ternyata banyak data yang tidak sesuai, utamanya penulisan nama anak, ayah atau ibu sehingga akan dilakukan perbaikan yang arahnya pada ketunggalan data setiap anak. Biodata anak semuanya harus sama yang ada di akta kelahiran, akta perkawinan dan kartu keluarga.

Selain pendataan harus valid, manfaat dari perekaman data KIA juga mencegah kesalahan dalam hal penerbitan ijazah nantinya, karena guru/sekolah biasanya berpedoman pada akta kelahiran. Rencananya target 5.000 keping KIA akan dicetak di tahun 2019. (fb/tmk)

Foto-foto kegiatan :

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kabupaten Tana Toraja mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba kategori Wistara

MAKALE – Kabupaten Tana Toraja berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Tahun 2019. Acara penganugrahan Swasti Saba untuk kabupaten dan kota dengan predikat sehat tahun 2019 di laksanakan di kantor Kemendagri, Selasa (19/11/2019). Penganugrahan Swasti Saba yang dihadiri Mendagri, Tito Karnavian […]

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube
YouTube
Instagram