Gelar Lomba, RSUD Lakipadada Turut Menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020

Daniel Galenta
Read Time2 Minute, 36 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati setiap tanggal 10 Oktober. HKJS diperingati untuk menghormati hak-hak Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) mengadakan kegiatan dengan subtema Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasan Baru Pandemi Covid-19 menuju SDM Unggul Indonesia Maju di Rumah Singgah Sangalla’, Sabtu(03/10/2020)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Tana Toraja turut menyambut HKJS ini dengan melakukan pemotongan tumpeng dan gelar berbagai lomba. Lomba  seperti bulutangkis, menyanyi dan bermain gaplek (domino) di ikuti orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)

Peringatan HKJS ini dilangsungkan di dua tempat yang berbeda, yakni di bangsal perawatan jiwa (Flamboyan) dan Rumah Singgah Sangalla’ yang merupakan jejaring dari pelayanan jiwa RSUD Lakipadada.

Untuk kegiatan yang digelar di rumah singgah Sangalla’ dihadiri perwakilan Pemkab Tana Toraja melalui Bidang Kesra, Dinas Sosial, tim Rohaniwan dan Puskesmas Tumbang Datu.

“Semua kegiatan yang dilakukan tentunya tetap memenuhi protokol kesehatan Covid-19 dan khusus pemotongan tumpeng kita lakukan secara serentak (se-Nasional) tanggal 3 Oktober 2020 sesuai dengan petunjuk Pedoman Pelaksanaan HKJS 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan,” kata dr. Kristanty Randa Arung, M.Kes, Sp.KJ selaku dokter spesialis kedokteran jiwa (Psikiater) RSUD Lakipadada. 

dr. Kristanty berharap dengan kegiatan ini, setiap pasien yang mengalami gangguan jiwa tidak merasa terkucilkan, melainkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri sehingga mereka dapat merasa lebih berguna dan bermanfaat di tengah masyarakat.

Selain itu dapat memberikan semangat dan motivasi bagi petugas kesehatan terutama yang melayani pasien jiwa di unit perawatan Flamboyan, unit rawat jalan Psikiatri (Jiwa) dan Rumah Singgah Sangalla.

Apalagi, kata dr. Kristanty, menangani pasien jiwa bukanlah hal yang mudah karena petugas kesehatan terutama di poli jiwa dan bangsal Flamboyan RSUD Lakipadada seringkali mendapatkan perilaku yang tidak menyenangkan, seperti dimarahi, diludahi, dipukul, dikejar, bahkan diusir dari kamar dan lain sebagainya.

“Tetapi berkat kesabaran, ketekunan dan semangat kerja untuk menyembuhkan pasien, mereka tidak kenal lelah dan mengeluh. Semuanya telah terlatih dan berpengalaman dalam menangani pasien jiwa,” tuturnya.

dr. Kristanty juga bersyukur hingga saat ini banyak pasien jiwa yang telah menjalani perawatan dan sudah membaik bahkan ada yang telah mengikuti kegiatan Rehabilitasi Psikososial yang dilaksanakan di Rumah Singgah Sangalla.

Seperti diketahui, RSUD Lakipadada telah membuka perawatan inap jiwa sejak tahun 2018 dengan kapasitas 4 kamar akut dan 3 kamar subakut.

Selain itu juga terdapat pelayanan rawat jalan yang dilengkapi dengan obat-obatan yang sesuai standar nasional maupun internasional. Pelayanan jiwa di RSUD Lakipadada telah dicover oleh BPJS, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke Makassar untuk mendapatkan perawatan jiwa.

“Masalah kesehatan jiwa haruslah melibatkan lintas sektor dan lintas program, oleh karena itu RSUD Lakipadada juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPJS, Satpol PP bahkan pihak kepolisian, terutama dalam penanggulangan kasus pasung,” tutur dr. Kristanty.

Untuk diketahui, hingga saat ini, RSUD Lakipadada telah merawat dan membebaskan ODGJ yang mengalami pemasungan sebanyak 19 orang dari Kabupaten Tana Toraja dan 8 orang dari Kabupaten Toraja Utara, totalnya 27 orang.

Harapannya, beliau yakin dapat menuntaskan masalah gangguan jiwa dan pemasungan yang ada di wilayahnya. (dgr/tm)

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Uji Operasional Pesawat Citilink ke Bandara Toraja Berjalan Lancar

DISKOMINFO, MAKALE – Pesawat maskapai Citilink mendarat di Bandara Toraja, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (8/10/2020). Pendaratan pesawat anak perusahaan Garuda Indonesia ini dalam rangka uji operasional atau Proving Flight. Maskapai Citilink yang menggunakan pesawat jenis ATR-72 mendarat di Bandara Toraja tepat pukul 11.00 WITA. Saat mendarat, pesawat […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram