Hari Pertama Ops Yustisi, Petugas Gabungan Sosialisasi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan di Pasar Makale

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 20 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Operasi Yustisi Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sesuai Peraturan Bupati Tana Toraja Nomor 20 Tahun 2020 berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020 mulai dilaksanakan hari ini, Senin (14/9/2020).

Di hari pertama, petugas gabungan yang terdiri dari Polres, TNI, Satpol PP, Kejaksaan dan Tim Satgas Covid-19 Tana Toraja menyasar Pasar Makale. Petugas mengigatkan atau mengimbau warga terkait disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Selain imbauan, petugas juga memberikan masker gratis kepada warga. Khusus diberikan yang kedapatan tidak memakai masker.

“Untuk hari ini kita memberikan imbauan ke warga terkait pencegahan Covid-19 dan itu secara humanis,” ungkap Camat Makale, Letris Parubak.

Menurut beliau, di Pasar Makale kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan cukup baik, terbukti setelah petugas menyasar atau memeriksa baik bagian dalam maupun diluar pasar.

“Kita berharap hal ini terus diterapkan warga, pasalnya ini demi kebaikan kita bersama,” harapnya.

Untuk diketahui, operasi yustisi ini akan dilakukan selama 10 hari kedepan. Selain imbauan/teguran lisan atau teguran tertulis, kedepannya petugas akan menerapkan sanksi dan denda. Sanksi itu berupa kegiatan sosial dan gebyar kebangsaan, sementara untuk denda petugas akan menerapkan denda administrasi.

Denda administrasi untuk perorangan minimal Rp25 ribu dan maksimal Rp100 ribu per orang. Untuk pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum minimal Rp50 ribu dan maksimal Rp150 ribu.

“Jadi bukan cuma pasar, intinya selama operasi ini petugas akan mendatangi tempat yang ramai didatangi warga, seperti terminal, warung makan, kedai/cafe dan tempat ramai lainnya,” pungkasnya.

Sumber : Media Center Covid-19 Kabupaten Tana Toraja

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinkes Tana Toraja Gelar Pertemuan Penguatan Pelaksanaan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

DISKOMINFO, MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja menggelar Pertemuan Penguatan Pelaksanaan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Selasa (15/9/2020). Kegiatan yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Tana Toraja ini dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi, Sarmada, SKM, M.Kes, Koordinator Provinsi STBM dan Kasri, […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram