PANGAN

 

KAREBA TORAYA — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja akan menerima tenaga penyuluh pertanian dengan sistem kontrak (outsourcing ) untuk ditempatkan di lembang-lembang di Tana Toraja. Penyuluh pertanian ini akan digaji sesuai dengan upah minimum regional (UMR).

“Setiap kunjungan kerja ke kecamatan, Bapak Bupati memang selalu bicarakan itu (penyuluh pertanian). Dan soal penerimaan penyuluh itu sudah disampaikan oleh staf khusus bupati di media,” ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Tana Toraja, Rante Limbong, kepada Karebatoraja.com, Sabtu, 19 November 2016.

Rante Limbong mengakui saat ini Kabupaten Tana Toraja memang kekurangan tenaga penyuluh, baik pertanian, peternakan, perkebunan, maupun penyuluh perikanan. Standarnya, satu desa (lembang) satu penyuluh. Namun saat ini, jumlah penyuluh sangat kurang sehingga program-program pertanian tidak berjalan maksimal.

“Kalau soal jumlah penyuluh pertanian memang sangat kurang. Kita butuh tambahan penyuluh,” katanya.

Meski begitu, Rante Limbong, mengaku belum mengetahui teknis penerimaan tenaga penyuluh pertanian outsourcing ini. Demikian pula dengan berapa banyak yang akan diterima. Hal itu akan dikonsultasikan kembali dengan Bupati.

Yang jelas, kata dia, setiap calon penyuluh yang melamar akan menjalani tes seleksi yang dilakukan pemerintah. Berikut, para pelamar juga harus bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah kabupaten Tana Toraja.

Menurut rencana setiap lembang akan mendapat satu penyuluh. Tetapi akan dibentuk kelompok yang terdiri dari empat penyuluh untuk empat lembang. Dalam kelompok itu sudah ada penyuluh pertanian, penyuluh peternakan, penyuluh perikanan, dan penyuluh perkebunan.

Perekrutan tenaga penyuluh dengan sistem outsourcing itu merupakan sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan, yang pada akhirnya akan mencapai swasembada pangan. 

Sumber : http://karebatoraja.com

 

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000148897
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
389
799
1953
24999
148897


20 guests