PARIWISATA

patannun cilik 300817

MAKALE — Dua Pa’tannun (penenun) cilik turut memeriahkan Festival Tenun Toraja 2017 di Gedung Tammuan Malik Makale, Rabu, 30 Aguatus 2017.

Dua orang pa’tannun cilik ini, masing masing Gesia dan Fatie yang merupakan Pa’Tannun binaan Kampung Tenun Saluallo Sangalla’ Utara.

Gesia (Pr) adalah penenun cilik yang baru berumur 7 tahun dan duduk di bangku kelas 3 SD. Sementara Fatir (Lk) penenun cilik yang baru berumur 6 tahun dan duduk di kelas 1 SD.

Jeni, pembina dua Pa’Tannun cilik ini mengatakan kedua Pa’tannun cilik ini menyukai dunia tenun karena terinsipirasi dari orangtuanya yang memang sehari hari bekerja sebagai penenun.

“Yang memudahkan kita dalam mengajari mereka menenun karena memang keinginan sendiri dari mereka mau belajar tenun,” ungkap Jeni.

Gesia, salah satu penenun cilik mengaku jika ia lebih suka ma’tannun (menenun) daripada pergi bermain seperti anak-anak sebayanya yang lain.

Fatir dan Gesia sehari hari belajar menenun saat pulamg sekolah. Dari kebiasaannya belajar ma’tannun yang baru sekitar 1 tahun ia jalani, Fatir dan Gesia sudah menghasilkan beberapa produk tenun berupa selendang.

Gesia dan Fatir sudah termasuk penenun yang lincah karena mereka begitu mahir dalam menenun seperti memindahkan balida dan titian yang menjadi bagian dari aktivitas menenun. (www.karebatoraja.com)

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000199104
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
485
1067
7003
21863
199104


39 guests