PARIWISATA

IMG 20170831 WA0005

MAKALE – Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Kabupaten Tana Toraja akan dipersiapkan menjadi tujuan wisata international. Hal tersebut dikatakan Tjahjo dalam perayaan puncak Hari Jadi Toraja ke-770 dan HUT kabupaten Tana Toraja ke-60 di objek wisata Burake, Kamis (31/8/2017).

“Saya di sini adalah bawahan Presiden dan Wakil Presiden. Pemerintah Pusat sudah menyiapkan Toraja ini sebagai destinasi wisata international,” ungkap Tjahjo dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu Tjahjo yang juga diteguhkan (Ditokko) di hadapan puluhan pemangku adat dari 22 wilayah adat. Tahjo diberi sapaan adat yaitu Sarong Kaleleanna Indonesia Tadung Kaissananna Nusantara (dianggap sebagai salah satu pelindung di Indonesia atau payung kemasyuran nusantara).

“Saya lahir di Solo dan sekrang sudah bertambah. Saya sudah menjadi orang Toraja maka itu saya akan memperjuangkan Toraja baik secara jabatan dan pribadi,” tegasnya.

Tahjo juga mengingatkan pemerintah kabupaten Tana Toraja dan seluruh masyarakat Toraja untuk tetap menjaga identitas dan jati diri sebagai orang Toraja. Sebab kata Tahjo meski Toraja maju tidak akan bernilai tanpa jati diri.

“Mari kita berkomitmen membangun Toraja dengan semangat kebersamaan. Mari jaga identitas dan jati diri, apalah artinya Toraja maju pariwisatanya tanpa itu semua,” pungkasnya.

Perayaan puncak Hari Jadi Toraja serta HUT Kabupaten Tana Toraja berlangsung semarak dengan berbagai aktraksi budaya. Selain itu juga ada kirab NKRI yang dilakukan pelajar dan pemuda sebanyak 770 orang.

Tak ketinggalan juga ribuan warga yang hadir menampilkan komoditas lokal. Acara pun ditutup dengan launching perpustakaan digital Toraja Maelo. (Torajadaily.com)

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000196034
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
462
841
4940
5277
196034


23 guests