PARIWISATA
 
20170918 165410
 
MAKALE -- Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, meminta pusat serius membantu pengembangan pariwisata Toraja, baik promosi maupun infrastrukturnya.
 
Menurutnya, pariwisata Toraja adalah satu kesatuan yang tidak boleh dipilah secara administratif. 
 
"Toraja ini satu kesatuan. Jangan dipilah-pilah, bantulah secara adil. Jangan bicara Tana Toraja atau Toraja Utara saja, yang ada hanya Toraja. Kalau pariwisata Toraja maju, masyarakat Toraja baik di Tana Toraja dan Toraja Utara akan bangga," katanya dalam acara Stakeholder Meeting Koordinasi Lintas Sektor dalam Pengembangan Kepariwisataan di Kawasan Toraja dan Sekitarnya di Hotel Misiliana, Senin (18/9/3017).
 
Menurutnya, pusat seharusnya membantu pariwisata Toraja dengan segala potensi yang ada, baik wisata daratan, wisata air, maupun even.
 
Wisata daratan yang sudah diunggulkan selama ini, lanjut dia, masih perlu dimaksimalkan sambil menciptakan destinasi wisata baru, termasuk desa wisata.
 
20170918 161949
 
"Wisata Religi Buntu Burake tinggal dipromosi karena infrastrukturnya sudah baik. Tinggal kita menciptakan destinasi baru dan memaksimalkan even," jelasnya.
 
Untuk desa wisata, kata Nico, dalam waktu dekat ini kepala lembang akan studi banding ke  beberapa tempat di Jawa dan Bali untuk mempelajari bagaimana agar desa juga menjadi tujuan wisata," katanya.
 
Nico menambahkan, pusat dan daerah harus membangkitkan energi wisata Toraja sampai ke luar negeri. Pusat juga harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar sebagai rakyat wisata.
 
"Kita jangan hanya fokus pada pengembangan kopi Toraja sebagai ikon wisata. Seluruh potensi harus dipromosikan karena Toraja ini bukan hanya milik orang Toraja saja, tapi pusat ikut bertanggung jawab di dalamnya," tandas Nico. (*)

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000199071
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
452
1067
6970
21830
199071


27 guests