BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

PEMERINTAHAN

20180424 Mentan

DISKOMINFO, MAKALE – Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, DR. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP bersama rombongan dalam rangka penyerahan bantuan bibit, alsintan dan ternak bertempat di Gedung Tammuan Mali’ Makale Kabupaten Tana Toraja, Selasa (24/04/2018). Dihadiri oleh Bupati Tana Toraja, Asisten Teritorial Kasad, Kasdam Hasanuddin, Tim Pakar Upsus Kementan, Direktur Perkebunan Kementan, Direktur Alsintan Kementan, unsur Muspida, Kepala OPD, Lurah/Lembang, dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Tana Toraja, Ir. Nicodemus Biringkanae mengatakan, “Kita tidak perlu larut dalam nuansa-nuansa dan retorika, tetapi kita harus larut dalam kebersamaan untuk hidup petani kedepan. Oleh karena itu, saya letakkan jangan biarkan rakyatku lapar kepada saudara-saudara sekalian sebagai patriot bangsa dan patriot petani untuk menghadirkan kecemerlangan Kabupaten Tana Toraja dalam bingkai Toraya Maelo”.

Lebih lanjut Bupati Tana Toraja melaporkan Program Upsus (Upaya Khusus) Pola Tanam Semusim yang sudah dilaksanakan di berbagai daerah bahkan sampai ke pelosok dan berterima kasih atas dukungan dari Kementerian Pertanian dan Brigade Turun Sawah, khususnya Dandim.

Bantuan yang diterima dari Kementerian Pertanian kepada Kelompok Lingkungan Kabupaten Tana Toraja, yaitu :

  • 10 unit Hand Traktor untuk 10 kelompok lingkungan yang menjadi 50 unit
  • 220 ekor Bibit Kerbau untuk 20 kelompok lingkungan
  • 300 ekor Bibit Kambing untuk 15 kelompok lingkungan
  • 60 ekor Bibit Sapi untuk 6 kelompok lingkungan
  • 500.000 Bibit pohon kopi yang unggul
  • 10.000 Bibit ternak ayam

Menteri Pertanian RI dalam sambutannya mengharapkan Kabupaten Tana Toraja menjadi Kabupaten Kopi, apabila berhasil Teknologi Techno Park khusus kopi akan dibangun tahun depan di Kabupaten Tana Toraja yang pertama di Sulawesi Selatan, dengan catatan bantuan bibit kopi sebanyak 500.000 pohon bisa berhasil.

Menteri Pertanian mengatakan, “keunggulan komperatif suatu daerah harus diangkat, keunggulan Tana Toraja yaitu kopi. Permasalahannya adalah produktivitas yang rendah. Kami minta bila perlu setiap rumah ditanam 5 batang kopi, dibangunkan industri kopi, yang diekspor adalah barang jadi dalam kemasan”.

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000405742
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
824
1566
11149
33442
405742


25 guests

online

We have 42 guests and no members online