PEMERINTAHAN
 
IMG 20170921 WA0019
 
MAKALE -- Menteri Kesehatan RI,  Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloe mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada sebagai salah satu pendukung kemajuan sektor pariwisata Toraja.
 
Dalam kunjungannya didampingi Bupati Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Victor Datuan Batara serta Direktur RSUD Lakipadada, dr Safary, Menteri Nila Moeloe meninjau sejumlah ruangan perawatan serta fasilitas kesehatan di rumah sakit milik pemda Tana Toraja itu. 
 
"Kemajuan pariwisata daerah tergantung pada jumlah kunjungan wisatawan.  Jika Toraja mau wisatawannya banyak,  rumah sakit sebagai sarana pendukung pariwisata juga harus siap," ujar Menteri Nila Moeloe usai meninjau RSUD Lakipadada. 
 
IMG 20170921 WA0018
 
Menteri Nila Moeloe menyebutkan RSUD Lakipadada memiliki sumber daya manusia (SDM) cukup banyak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap.  Sebagai rumah sakit rujukan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan,  pasien yang dirawat inap di RSUD Lakipadada sangat banyak.  Sehingga perlu dipikirkan untuk penambahan fasilitas ruangan perawatan pasien. 
 
Menurutnya,  RSUD Lakipadada masih memiliki lahan yang cukup dan sangat memungkinkan untuk penambahan fasilitas ruangan perawatan.  Meski begitu,  Menteri Nila Moeloe mengingatkan kepada pemda Tana Toraja agar matang dalam merencanakan peningkatan penambahan fasilitas bangunan rumah sakit. 
 
IMG 20170921 WA0017
 
"Nanti kita pikirkan,  apakah RSUD Lakipadada diperluas atau diperbaharui disesuaikan dengan lahan yang tersedia.  Hitung dulu dengan benar, rencanakan dengan baik, kita perhitungkan anggarannya. Jika memang anggaran ada, Alhamdulillah, kalau tidak ada ya gigit jari," ujarnya. 
 
Menteri Nila juga mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja yang komitmen terhadap kesehatan masyarakatnya.  Komitmen pemda Tana Toraja itu juga harus dibarengi kesadaran masyarakat agar sadar kesehatan. 
 
Direktur RSUD Lakipadada,  dr Safary menambahkan saat ini, RSUD Lakipadada memiliki kapasitas 220 tempat tidur. RSUD Lakidada juga menjadi rumah sakit rujukan empat kabupaten dari dua provinsi,  yakni,  Tana Toraja,  Toraja Utara,  Enrekang provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. (Admin)
 
FOTO: TORAJADAILY.COM

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000199118
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
499
1067
7017
21877
199118


46 guests