BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

PENDIDIKAN

 20180502 Hardiknas

DISKOMINFO, MAKALE – Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Makale, Rabu (02/05/2018). Dihadiri oleh Bupati Tana Toraja, Wakil Bupati Tana Toraja, Sekretaris Daerah Tana Toraja, Kejaksaan Negeri Makale, Dandim 1414, Perwakilan Polres Tana Toraja dan jajarannya, Para Kepala OPD dan jajarannya, para pendidik dan pelajar.

Adapun tema Hari Pendidikan Nasional 2018 yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sesuai dengan tema tersebut, bisa dijadikan peringatan sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan.

Bupati Tana Toraja membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahwa dalam penguatan SDM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal itu sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden. Ikhtiar itu makin kuat menyusul ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Dalam sambutannya, Bupati Tana Toraja juga mengatakan “Pendidikan adalah pondasi dalam segala hidup dan kehidupan manusia, kalau pondasi pendidikan kita, pondasi budaya kita tidak kuat, maka saya ragu kedepan anak Toraja tidak akan cerdas. Oleh karena itu pondasi pendidikan perlu dilihat dalam proses belajar mengajar. Kita tidak bisa melaksanakan pendidikan dengan baik, tanpa pendidikan karakter. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pendidikan yaitu karakter, disiplin, rajin dan saling komunikasi”. Tidak lupa juga Bupati sangat mengapresiasi program kegiatan "Polwan mengajar" dan mendorong untuk lebih ditingkatkan program "OPD mengajar" yang sudah dilaksanakan awal 2017 lalu.

Selanjutnya, Bupati Tana Toraja mengatakan “Proses pendidikan sekarang harus berakselerasi, tidak boleh ada kekakuan dalam mendorong akselerasi. Oleh karena itu kepada guru, dengan sungguh memahami akselerasi, inovasi dan kreativitas. Lakukan itu pada anak-anak kita, sehingga saya yakin dan percaya dalam mendorong inovasi anak-anak bangsa di Tana Toraja, saya yakin putra dan putri Tana Toraja bisa bersaing ke depan”. (TMK)

Foto-foto kegiatan :

20180502 Hardiknas02

20180502 Hardiknas03

20180502 Hardiknas04

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0000515789
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
959
2007
5137
26734
515789


4 guests

online

We have 10 guests and no members online