BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

PANGAN

Bantuan Mentan RI

DISKOMINFO, MAKALE - Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman kembali berkunjung ke Tana Toraja. Kunjungan kerja Andi Amran ke Tana Toraja ini adalah yang kedua kalinya setelah menggelar kunjungan kerja pada April 2018 lalu.

Kunjungan kerja Menteri Pertanian diselenggarakan di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Selasa (12/03/2019). Dalam kunjungan kerja kali ini beliau menyerahkan 700 ribu bibit kopi, bantuan ternak ayam, kambing, bibit padi, dan jagung serta alat pertanian ke petani untuk dua Kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kunjungan Menteri Pertanian RI yang digelar dibeberapa kabupaten selama beberapa minggu di Sulawesi Selatan ini merupakan perintah langsung Presiden RI Joko Widodo untuk menemui rakyat menyerahkan bantuan pertanian dalam rangka mendorong sektor pertanian menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia tahun 2045.

Selain itu, dalam kunjungan ini Andi Arman juga mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan kerjanya ini ialah untuk memantau perkembangan dari kunjungan yang diadakan pada April 2018 lalu, beliau berjanji akan kembali lagi ke Tana Toraja dan akan membawa lagi bantuan pertanian dan peternakan ke Tana Toraja. Bahkan Andi Amran berjanji akan menjadikan Tana Toraja sebagai Pilot Project pengembangan budidaya Kopi Arabika di Indonesia.

Dalam kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran ini, juga diisi tanya jawab dengan petani mengevaluasi perkembangan bantuan yang diserahkan saat kunjungan pertama April 2018. Sejumlah petani mengeluhkan kondisi ternak ayam yang tidak bisa bertahan hidup dengan baik sehingga banyak ternak ayam yang mati. Mendengar keluhan tersebut, Menteri Pertanian menugaskan dokter hewan dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pemeriksaan terkait penyebab ternak petani yang mati. Dalam kesempatan itu juga Andi Arman menanyakan apa saja yang dapat menjadi potensi untuk dibudidayakan di Toraja, baik itu dibidang pertanian atau peternakan.

“Semoga bantuan yang diberikan untuk masyarakat Tana Toraja dan Toraja Utara ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik mungkin, tentunya untuk kemajuan sektor pertanian di Sulawesi Selatan karena sesungguhnya di Toraja ini sangat banyak potensi alamnya” ungkap Andi Arman Sulaiman.

Salah satu penerima bantuan, Monic, warga Tongkonan Basse, Kecamatan Buntao, Toraja Utara, mendapatkan bantuan secara langsung dari Menteri Pertanian RI, bibit padi sebanyak 10 Kg. “Tentunya merasa sangat senang dan beliau sangat baik, bahkan kalau bisa boleh di tambah lagi, pupuk padi dan jagung, traktor dan peralatan pertanian lainnya.” ungkap Monic.

Di akhir kunjungannya, Andi Arman menugaskan kepada staffnya untuk mendata lokasi yang akan diberikan bantuan, baik itu di Tana Toraja dan Toraja Utara, berdasarkan laporan langsung yang didapatkannya dari keluhan para petani. Kunjungan kerja Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini bertujuan untuk mewujudkan program mengembalikan kejayaan rempah dan komoditas perkebunan menuju Indonesia Lumbung Pangan dunia 2045. (fb/tmk)

Foto-foto kegiatan :

Bantuan Mentan RI2

Bantuan Mentan RI3

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001240983
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
2761
4125
16537
55077
1240983


59 guests

online

We have 109 guests and no members online