BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

UMUM

20190828Wantimpres

DISKOMINFO, MAKALE – Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja menerima Kunjungan Kerja Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bersama Tim Kajian Pembudayaan Pancasila. Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Tana Toraja, Forkopimda, Kepala OPD beserta jajarannya, Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat, Rabu, 28 Agustus 2019 di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja.

Dalam sambutannya Bupati Tana Toraja mengatakan, “Tana Toraja dalam persoalan berbangsa dan bertanah air, merupakan suatu harga mati oleh karena nenek moyang/leluhur kami telah hadir dalam bingkai persatuan, baik dalam bingkai persatuan NKRI maupun hadir dalam Bhinneka Tunggal Ika.” Bupati Tana Toraja mengajak masyarakat bersama-sama dengan seluruh anak bangsa untuk tetap kokoh, bergandengan tangan didalam mendorong Pancasila sebagai dasar negara.

Selanjutnya beliau mengatakan sehubungan dengan Kajian Pembudayaan Pancasila, Kabupaten Tana Toraja telah melunching di tahun 2017 menghadirkan suatu event budaya dalam tema “Budaya Toraja Perekat Bangsa” dan sub tema “Mengurai Kebekuan Merajut Kebersamaan”, tidak ada perbedaan anak kota dan anak desa, tidak ada perbedaan suku, tidak ada non muslim, non Kristen, semua anak bangsa dalam budaya masing-masing dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di Tana Toraja.

Sambutan dari Sekretaris Anggota Wantimpres mengatakan Tana Toraja inilah wajah Indonesia dan tim pengkajian tidak salah memilih Tana Toraja sebagai tempat pengkajian Pembudayaan Pancasila, untuk belajar, menggali mengenai kerukunan, keharmonisan, kearifan lokal dan budaya dalam bermasyarakat dari akar-akar budaya yang dimiliki masyarakat Tana Toraja. Budaya Tana Toraja ini diharapakan untuk bisa dipromosikan terutama generasi muda supaya muncul kebanggaan , kesadaran memiliki, bahwa inilah kekayaan budaya yang dimiliki, walaupun beranekaragam.

Harapan dari kegiatan ini Tana Toraja akan dijadikan laboratorium budaya Pancasila dalam konteks literasi da konteks kehidupan sehari-hari, juga ada pendokumentasian budaya dari budaya tutur menjadi budaya tulis, dan mempertahankan keberagaman yang adalah jati diri kita, yang tidak boleh dilemahkan sedikitpun atau dihilangkan untuk Pembudayaan Pancasila. (dgr/tmk)

Foto-foto kegiatan :

20190828Wantimpres2

20190828Wantimpres3

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001579853
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
1026
2508
13410
55533
1579853


20 guests

online

We have 30 guests and no members online