BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

UMUM

 20190831eventbudaya

DISKOMINFO, MAKALE – Puncak Acara HUT Ke-62 Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja Ke-772 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja di Taman Rakyat Kolam Makale, Sabtu, 31 Agustus 2019, dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Luther Palimbong, SE, M.Si, beberapa Walikota/Bupati dan perwakilannya, Ketua dan anggota dewan, Pemprov Sulsel, Sulteng dan Sulbar, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Kepala OPD dan jajarannya, masyarakat, rekan-rekan media serta undangan lainnya.

Kegiatan dimulai devile dari 19 Kecamatan menampilkan potensi, keunggulan dan hasil pertanian masing-masing kecamatan, dilanjutkan dengan panggilan beribadah dalam bentuk refleksi kelima tokoh agama anggota pengurus FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Tana Toraja diiringi lagu “Kami Memuji Kebesaran-Mu” dari paduan suara STAKN Toraja. Atraksi kesenian dan tarian kolosal bertajuk “Seruling Anak Gembala dan Petikan Dawai Gitar Anak Kota” dan Gebyar Kebangsaan dari Paskibra Tana Toraja. Selanjutnya Minum Kopi Toraja dan Lelang Kopi Toraja untuk memecahkan Rekor MURI dan pembacaan sejarah singkat Kabupaten Tana Toraja oleh Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, SE. Penandatanganan MOU antara Pemda Tana Toraja dan UGM, UNHAS, UT dalam peningkatan sumber daya manusia dan kesehatan. Penyerahan CSR oleh BPD Sulselbar sebesar Rp 200 juta dan 1(satu) unit Mobil Ambulance. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bupati Tana Toraja dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Bupati Tana Toraja menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas kehadiran para tamu dan undangan serta masyarakat yang begitu antusias mengambil bagian dalam acara. Beliau mengatakan “kalau kita tetap untuk Toraja, bersatu untuk Toraja, saya mohon dengan sangat, jauhkan dirimu, jauhkan diri kita dari berita-berita yang tidak bertanggungjawab, yang bisa menghadirkan perpecahan diantar kita.

Harapan beliau ke masyarakat Tana Toraja untuk menetapkan Toraja menjadi Toraya Maelo untuk mampu unggul dan berkompetensi dengan daerah-daerah lain di Sulsel dengan keyakinan oleh kasih dekapan Tuhan Yang Maha Kuasa tetap mempersatukan Toraja didalam hidup sebagai budaya Toraja menjadi patron Perekat Bangsa di tanah air, sesuai tema “Budaya Toraja Perekat Bangsa” dan sub tema “Mengurai Kebekuan Merajut Kebersamaan

Toraya Maelo adalah pandangan hidup yang menjadi landasan filosofis hidup dan berkarya rakyat dan masyarakat Tana Toraja. Suatu pandangan hidup yang hendak menggarisbawahi kebaikan yang mewujudkan dalam sikap hidup sosial penuh ketentraman dan kedamaian hubungan antar umat beda agama, budaya, bahasa, dan latar belakang sosial ekonomi yang membentuk masyarakat Toraja produktif yang berdaya saing di tengah-tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Harapan beliau dengan adanya Event Budaya Toraja 2019 menjadi promosi Tana Toraja. Promosi pariwisata, adat dan budaya dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat memperkenalkan dan memperdalam kebudayaan Toraja kepada masyarakat didalam bahkan diluar daerah Tana Toraja.

Selanjutnya, dalam sambutan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta masyarakat untuk tetap yakin bahwa Gubernur dan Wakil datang untuk memperbaiki Toraja, dengan kunjungan kerja yang dilakukan di wilayah Kecamatan Simbuang dan menjanjikan perbaikan jalan sepanjang 50 km untuk tahun 2020 ditambah 11 km di tahun 2019 yang sedang dikerjakan. (dgr/tmk)

Foto-foto kegiatan :

20190831minumkopikararo

20190831eventbudaya3

20190831eventbudaya2

 

 

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001579917
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
1090
2508
13474
55597
1579917


7 guests

online

We have 21 guests and no members online