BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

UMUM

 20190903teraskejari1

 

DISKOMINFO, MAKALE – Kegiatan Agenda rutin yang dilaksanakan melalui “TERAS KEJARI TANA TORAJA” dilaksanakan di Teras Kantor Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Selasa, 3 September 2019. Dihadiri oleh Bupati Toraja Utara, DR. Kalatiku Paembonan, M.Si, Kajari, Jefri Penanging Makapedua, S.H., M.H., Sekda Tana Toraja yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Kantor BPN Tana Toraja dan Toraja Utara, Ketua MUI, Kepala OPD/mewakili dan jajarannya, Para Tokoh dan Ketua PWI serta rekan-rekan media.

Diskusi dimulai dengan tagline Teras Kejari Tana Toraja yaitu “Toraja Hebat Indonesia Lebih Hebat” dengan Tema "Optimalisasi peran Lembaga Adat dalam penyelesaian perkara Non Litigasi (Penyelesaian perkara diluar Pengadilan) dalam hal sengketa tanah dan persoalan hukum lainnya."

Dalam membuka diskusi, Kajari mengatakan “Masalah hukum tidak harus diselesaikan melalui mekanisme/jalur hukum, tetapi bisa diselesaikan di tingkat adat melalui kearifan lokal dari Lembaga Adat yang ada di Lembang/Kelurahan.”  Mengembalikan tatanan adat yang sebenarnya dan bagaimana mengangkat tongkonan (sebagai pemersatu) untuk menyelesaikan masalah bukan sumber masalah karena sengketa tanah dan masalah-masalah lainnya.

Bupati Toraja Utara menyampaikan dalam melakukan kegiatan kemasyarakatan, keagamaan, adat dan budaya tidak formalistik, harus memerlukan penghayatan dan aktualisasi yang benar-benar berdasarkan nilai-nilai yang mestinya dipelihara dan ditumbuhkembangkan, jangan sampai terdegradasi dalam nilai-nilai budaya. Diperlukan kesepakatan dan kesepahaman dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat.

Selanjutnya Kajari menyampaikan perlunya untuk membentuk Lembaga Adat sesuai Permendagri Nomor 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. Sehubungan dengan penyelesaian proses penegakan hukum, Kajari mengharapkan lembaga adat di Toraja dapat dioptimalkan peranannya dengan cara bersinergitas dengan stakeholder dan menggali sumber kearifan lokal yang ada di masyarakat untuk menyelesaikan masalah. (dgr/tmk)

Foto-foto kegiatan :

20190903teraskejari2

20190903teraskejari3

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001579938
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
1111
2508
13495
55618
1579938


11 guests

online

We have 27 guests and no members online