BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

PENDIDIKAN

20190913 fotodiklatpim3

 

DISKOMINFO, MAKALE – Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan 157 Tahun 2019 Pemerintahan Kabupaten Tana Toraja bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan dilaksanakan mulai tanggal 12 September s/d 24 Desember 2019 di Hotel Sahid, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala BKPSDM Tana Toraja, pelaksanaan Diklatpim III kali ini memakai sistem pola baru dan yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Kota, idealnya dilaksanakan di BPSDM Provinsi atau LAN Makassar. Secara khusus ASN harus memiliki nilai-nilai dasar yaitu Integritas, Profesionalisme, dan Akuntabilitas menurut UU Nomor 5 Tahun 2014 yang sudah menjadi tataran jabatan administrator.

Dasar dari pelaksanaan Diklat yaitu Peraturan LAN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III. Diklatpim III diikuti 40 pejabat eselon III terdiri dari 28 pejabat Pemkab Tana Toraja, 5 pejabat Pemkab Toraja Utara, 3 pejabat Pemkab Pinrang dan 4 pejabat Pemkab Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sambutan kedua dari Kepala BPSDM Provinsi, mengatakan hal yang menjadi penekanan sekarang ini menjadi tantangan ASN disebut buta huruf kalau tidak mampu melakukan 3 hal yaitu tidak mampu mengoperasikan komputer, tidak mampu meningkatkan komunikasi dari sisi bahasa dan tidak mampu menjual potensi diri sendiri agar berguna untuk orang lain.

Selanjutnya Wakil Bupati mengatakan peserta diklat harus meningkatkan kapasitasnya, tidak hanya formalitas untuk melaksanakan kegiatan. ASN harus menjaga integritas, profesionalisme dan akuntabilitas. Yang lebih penting ASN tidak boleh “buta hati” karena walaupun ASN mempunyai kecerdasan, bahasa, Iptek dikuasai tapi jangan sampai buta hati untuk melaksanakan kegiatan sesuai tupoksi masing-masing.  

Pelaksanaan Diklat Pim III dengan pola baru ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas pejabat administrator agar nantinya dapat mengemban dan menyelenggarakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan optimal. ASN sebagai unsur utama sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan sebagaimana yang diharapkan. Oleh karenanya perlu dibangun ASN yang memiliki integritas, profesionalisme, netral dan bebas dari interfensi politik. Bersih dari praktek KKN serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan.

Diharapkan agar peserta diklat dapat menterjemahkan program Toraya Maelo dalam inovasi-inovasi yang akan dikerjakan, bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan diklat sehingga tujuan dapat tercapai secara optimal dan memberikan kontribusi yang besar untuk membangun di Kabupaten masing-masing. (dgr/tmk)

 

Foto-foto kegiatan :

 

20190913 fotodiklatpim32

20190913 fotodiklatpim35

 

20190913 fotodiklatpim33

20190913 fotodiklatpim34

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001660722
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
138
2334
5101
43845
1660722


9 guests

online

We have 29 guests and no members online