BERANDA

PROFIL

REGULASI

BERITA

LAYANAN

PUBLIKASI

POTENSI DAERAH

KONTAK

KESEHATAN

 

 

20190924KKS09

DISKOMINFO, MAKALE – Wakil Bupati Tana Toraja menerima Kunjungan Tim Verifikasi Nasional Tim Pusat Program Kabupaten/Kota Sehat yang dilaksanakan tanggal 24 s/d 25 September 2019. Tim Verifikasi dijemput di Salubarani dan langsung melihat lokus Pasar Sehat Pokja Salubarani dan MIN Salubarani. Tim verifikasi nasional yaitu Dewi Marlina, SKM, MKM, Danti Kamalia Sari, SH dan Junghans Sitorus, SKM., M.Kes. Setelah itu kembali di terima di Rujab Bupati bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, para Kepala OPD beserta jajarannya, Motivator, Tim Pembina dan Forkab.

Kegiatan Tim Verifikasi dibagi 2 tim, Tim pertama dengan lokus Kunjungan ke Pokja Burake, Patung Religi Burake, BUMDES Lembang Lea, Sekolah Sehat SD 5 Makale, Forkom Kec. Makale, Forum Kabupaten, Pokja Pantan, SMKN 1 Makale, Pokja Sarira, KWT Lombok dan kunjungan ke Motivator Pusbindiklat Kondoran. Tim kedua dengan lokus Kunjungan ke Lembang Bua’Tarrung Kec. Rembon, Forkom Rantetayo, Terminal Makale, Pemukiman Sehat Pangliben, Tim Pembina di Bappeda (Perkantoran Sehat), SMKN 1 Rantelemo, Kelurahan Sarira. Selain mengevaluasi setiap lokus Tim Verifikasi memberikan arahan dan petunjuk untuk lebih meningkatan peran masing-masing.

Kunjungan Tim Verifikasi di Kantor Bappeda sebagai Tim Pembina Perkantoran Sehat diterima oleh Kepala Bappeda, Yunus Sirante. Beliau menjelaskan apa yang telah dilaksanakan mengenai keterkaitan kegiatan Kabupaten/Kota Sehat yang memakai pola integrated program, siapa dan kerja apa, wujudnya adalah pada lingkungan. Tidak ada anggaran untuk KKS, tetapi sudah ada dimasing-masing OPD yang menunjang program KKS, misalnya di Dinas PRKP mengenai rumah tidak layak huni, jamban dan sanitasi. Pengelolaan sampah plastik menjadi bahan aspal, rumah singgah sebagai pelayanan deteksi dini kesehatan masyarakat yang disebut program pelayanan Bua’na Penanian.

Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan fasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa. Adapun variable yang diverifikasi meliputi cakupan pelaksanaan (tatanan, kecamatan, kelurahan/lembang), prestasi daerah (penghargaan-penghargaan yang sudah diperoleh), aktifitas tim Pembina, aktifitas forum, aktifitas forkom, aktifitas pokja dan hasil kegiatan.

Indikator Program Kabupaten/Kota Sehat sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat “SWASTI SABA” diklasifikasikan atas 3 kategori yaitu penghargaan Padapa (pemantapan) minimal 2 tatanan diberikan Menkes, Wiwerda (pembinaan) dengan 3 /sd 4 tatanan diberikan Menkes dan Wistara (pengembangan) dengan lebih 5 tatanan diberikan Presiden.

Kabupaten Tana Toraja telah mendapatkan penghargaan Padapa tahun 2013, penghargaan Wiwerda tahun 2015 dan akan menuju ke Wistara tahun 2019. Adapun Tatanan Kabupaten/Kota Sehat yaitu Kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran yang sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi dan kehidupan sosial yang sehat. (dgr/tmk)

Foto-foto kegiatan :

 

20190925KKS01 DSC0016

 

20190925KKS

20190925KKS02

 

 

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TANATORAJA
Jl. Pongtiku No.120, Pantan, Makale, Kabupaten Tanatoraja
Sulawesi Selatan

PENGUNJUNG

0001660787
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Total
203
2334
5166
43910
1660787


6 guests

online

We have 20 guests and no members online