Inovasi Pelayanan Kesehatan berbasis Wilayah Adat Bua’ dan Penanian Dinkes Tana Toraja, kembali digelar

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 32 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Salah satu program inovasi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam rangka mendorong pilar Pembangunan “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit” adalah percepatan pelayanan kesehatan berbasis wilayah adat yang disebut dengan Pelayanan Bua’ dan Penanian. Kegiatan diawali di Kecamatan Sangalla’ Selatan, Kamis 12 Maret 2020.

Pelayanan Kesehatan Bua’ dan Penanian ini sudah mulai berjalan pada tahun anggaran 2019 yang dilaksanan pada Agustus hingga Oktober tahun 2019. Total 101 lingkungan di 30 lembang/kelurahan dan 11 kecamatan telah dijangkau pelayanan ini pada tahun 2019. Tahun 2020, Pelayanan Kesehatan Bua’ dan Penanian kembali dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae mengatakan pelayanan dengan pendekatan wilayah adat ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat sesuai dengan karakteristik wilayah adat yang ada di di Tana Toraja. “Meski disebut bahwa pelayanan berbasis wilayah adat namun pelaksanaannya di lapangan didorong dalam bentuk pelayanan berbasis lingkungan sehingga dalam satu wilayah lembang/kelurahan dilaksanakan di empat wilayah sesuai jumlah lingkungan” ungkapnya.

Beliau mengatakan meskipun dilaksanakan sesuai wilayah lingkungan namun filosofi kearifan lokal Bua’ dan Penanian tetap dihadirkan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan tersebut.

Pelaksanaan Pelayanan Bua’ dan Penanian ini melibatkan dokter dan tenaga kesehatan dari puskesmas dan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja. Dilapangan para petugas selain memeriksa kesehatan warga juga mendiagnosis penyebab timbulnya penyakit didalam lingkungan.

Kegiatan berupa pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan darah (kolesterol dan gula darah), pemeriksaan asam urat, pelayanan kesehatan gigi dan pemeriksaan kesehatan secara umum diberikan oleh para dokter, serta dilakukan juga kunjungan dari rumah ke rumah bagi warga yang tidak mampu datang ke posko.

Pelayanan Bua’ dan Penanian dilaksanakan di dua lembang yakni Lembang Tokesan dan Lembang Batualu dengan menghadirkan 18 dokter umum dan dan 9 dokter gigi. Tercatat sebanyak 923 kepala keluarga yang mendapatkan pelayanan kesehatan di dua lembang tersebut.

Setelah Sangalla’ Selatan, Pelayan Bua’ dan Penanian berikutnya akan dilaksanakan di Makale Utara pada tanggal 26 Maret dan Kecamatan Makale pada tanggal 28 Maret mendatang. (tmk)

5 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Surat Edaran Bupati Tana Toraja sebagai tindak lanjut Pencegahan Penularan COVID-19

DISKOMINFO, MAKALE – Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Bupati Tana Toraja tanggal 16 Maret 2020 perihal Tindak Lanjut Pencegahan Penularan Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) Surat Edaran Bupati Tana Toraja dikeluarkan sebagai wujud keseriusan, kesiapan Pemerintah Daerah dalam menangani COVID-19, diharapkan masyarakat tetap […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube
YouTube
Instagram