Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tahun 2021 Untuk RKPD Tahun 2022

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 20 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan digelar mulai tanggal 23/02/2021. Salah satu kematan yang mendapat kesempatan pertama adalah Kecamatan Sangalla’, Gandang Batu Sillanan dan Saluputti. Musyawarah tersebut dihadiri oleh Kepala BAPPEDA, asisten dan Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepala Lembang, serta para undangan. Turut hadir pula Anggota DPRD dapil setempat.

Kegiatan Musrenbang tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masa pandemi ini membuat kegiatan ini harus lebih ringkas, baik dari waktu maupun pemaparan materi dari setiap kecamatan dan OPD. Sesuai protokol kesehatan waktu pertemuan hanya diperbolehkan kurang lebih 2 jam, seluruh undangan dan peserta musyawarah duduk berjarak, selalu memakai masker dan cuci tangan.

Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik. Masyarakat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayah. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena kegiatan ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayahnya. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

“Pembangunan tidaklah menjadi tanggung jawab pemerintah semata meskipun domainnya berada pada pemerintah namun keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian dari indikator pembangunan dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan. Harus ada rasa memiliki oleh semua pihak sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.” tegas Kepala Bappeda dalam membacakan sambutan Bupati.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. (edr/tmk)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolres Tana Toraja Jalani Test Narkoba

DISKOMINFO, Makale – Polres Tana Toraja, Sulawesi Selatan melakukan test terhadap terhadap seluruh anggotanya. Hal itu dilakukan menindaklanjuti arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Test urine digelar di aula Bhayangkara terhadap seluruh anggotanya. Bukan hanya personil Bintara, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu juga turut menjalani test, usai apel Rabu […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu