Menteri Perhubungan : Paling lambat Mei 2020 Bandara Buntu Kunik sudah bisa beroperasi

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 21 Second

DISKOMINFO, MENGKENDEK – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah tiba di Tana Toraja, Jumat Siang 28 Februari 2020 dalam rangka meninjau progres Pembangunan Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja.

Menhub dan Gubernur Sulsel tiba di Bandara Pongtiku Rantetayo Tana Toraja menggunakan pesawat King Air PK-CAN. Dari Bandara Pongtiku Rombongan Menteri Perhubungan langsung menuju Bandara Buntu Kunik untuk melihat langsung progres pembangunan.

Tiba di Bandara Buntu Kunik, Gubernur Sulsel didampingi Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja. Kepala Bandara Pongtiku menjelaskan kepada Menhub tentang progres pembangunan Bandara mulai dari segmen 1 hingga segmen 5 (Segmen terakhir).

Kepada sejumlah media, Menhub menjelaskan kunjungan ke Bandara Buntu Kunik ini sesuai dengan Perintah Bapak Presiden untuk membangun Pelosok dan daerah tujuan wisata, oleh karenanya Kemenhub diperintahkan untuk menyelesaikan Pembangunan Bandara Buntu Kunik ini.

Untuk runway optimumnya 2.000 meter agar bisa didarati Boeing, namun kita akan kerja bertahap, bulan april ini kita selesaikan yang 1.600 meter dulu sehingga paling lambat Mei 2020 sudah bisa beroperasi dan kita akan undang Pak Presiden untuk resmikan” ungkap Menhub Budi Karya.

Budi Karya mengatakan dengan selesainya Bandara Buntu Kunik ini maka waktu tempuh ke Toraja bisa dipangkas dari 9 jam menjadi 45 menit dari Makassar. Budi Karya menjelaskan tahap awal operasi BBK ditargetkan bisa didarati Pesawat jenis ATR dengan kapasitas 72 penumpang. Setelah beroperasi Menhub menargetkan jumlah penumpang pesawat bisa mencapai 500 ribu penumpang/tahun atau sekitar 40 ribu penumpang/bulannya.

Saat ini progres pembangunan Bandara Buntu Kunik terus digenjot, pembangunan Runway sepanjang 1.600 telah selesai di kerjakan termasuk apron berkapasitas 2 pesawat. Jalan masuk juga sedang digenjot pekerjaan termasuk Terminal Bandara yang sudah hampir rampung dikerjakan. (tmk/ap)

7 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati minta Pendamping Desa memperhatikan Hak-Hak Disabilitas dan Tomasiasi

DISKOMINFO, MAKALE – Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae meminta para pendamping desa (Lembang) di Kabupaten Tana Toraja agar dalam melakukan pendampingan pembangunan senantiasa memperhatikan hak-hak kaum disabilitas dan tomasiasi. Hal ini disampaikan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae saat memberikan arahan pada rapat koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube
YouTube
Instagram