Pembentukan pengurus dan pembinaan Organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia Cabang Tana Toraja

Daniel Galenta
Read Time2 Minute, 18 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan Pembinaan Organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Daerah. Sekaligus secara efektif melantik dan dibentuknya Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Cabang Tana Toraja Periode 2020-2023.

Kegiatan Pembinaan dan pembentukan pengurus Daerah IPI dihadiri oleh Ketua IPI Provinsi Sulawesi Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja, Asisten Administrasi Umum, pengurus dan pustakawan. Dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja, Kamis (17/09/2020)

Dalam sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja, Dr.Ir. Semuel Tande Bura, MM menyampaikan perhatian, apresiasi dan respon yang sangat baik terhadap perpustakaan dan minat baca sebagai sarana belajar dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Profesi kepustakawanan dewasi ini, tidak hanya berkutat pada persoalan melek huruf atau minat baca, melainkan juga melek media. Persoalan yang mengemuka adalah ketika diri dan rumah kita setiap hari dibanjiri informasi berbagai format, termasuk multimedia. Tentu, kini sudah tiba waktunya buat kita mendidik diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat kita untuk menyaring dan mengelola informasi agar relevan dan bermanfaat.

Selanjutnya, sambutan Ketua IPI Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Quraisy Mathar, S.Sos., M.Hum mengatakan dengan terbentuknya Pengurus Daerah IPI Cabang Tana Toraja adalah upaya untuk mengembangkan perpustakaan di Kabupaten Tana Toraja terus dilakukan dan menjadi motivasi dan semangat pustakawan untuk berinovasi dalam menggerakan kegiatan perpustakaan dan literasi di Kabupaten Tana Toraja.

Kita berharap melalui pelantikan Ketua dan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Tana Toraja oleh Ketua IPI Provinsi Sulawesi Selatan merupakan solusi terhadap permasalahan dalam pengentasan rendahnya minat baca masyarakat di Kabupaten Tana Toraja.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja, Nirus Nikolas S P, S.Sos.,M.Si. berharap agar Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) yang telah dilantik, harus mencermati berbagai perubahan di era sekarang yang telah banyak mengalami perubahan, baik perubahan yang berupa peluang ataupun berupa tantangan.

“Berkembangnya berbagai jenis perpustakaan merupakan peluang IPI dalam ikut berperan membantu dan bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, keberadaan organisasi profesi pustakawan sangat tepat dalam mendukung program pemerintah dalam menggalakkan dan membudayakan masyarakat gemar membaca,” ungkapnya.

“Dengan terbentuknya Pengurus Daerah IPI Cabang Tana Toraja sebagai Organisasi Profesi Pustakawan yang akan menjadi mitra kerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Tana Toraja. Diharapkan para anggota pustakawan mempunyai bekal yang semakin profesional serta mampu berperan dalam mewujudkan terciptanya masyarakat yang cerdas, melalui gerakan perpustakaan dan literasi. Hari ini adalah momentum yang baik dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan perpustakaan secara profesional, inovatif dan kreatif,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua IPI Cabang Tana Toraja yang baru dilantik, Andarias Manting, S.Th mengatakan, akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah yang diberikan. Ia juga mengajak pengurus dan pustakawan untuk sama-sama bergabung demi memajukan dunia perpustakaan khususnya di Bumi Lakipadada.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rampungkan Data Penduduk, Disdukcapil Tana Toraja Terapkan Sistem Layanan Khusus

DISKOMINFO, MAKALE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja terus melakukan upaya memenuhi pelayanan ke masyarakat. Totalitas dan kreatifitas terus dilakukan khusus untuk merampungkan data penduduk, Sabtu (19/9/2020). Tak hanya membuka layanan di kantor, melainkan juga menerapkan sistem jemput bola atau mendatangi rumah-rumah warga. Selain itu untuk mempercepat […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram