Prioritas Penanganan Stunting dan ODGJ dalam Rakor Program JBRS

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 0 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja bersama sejumlah OPD terkait menggelar rapat sinkronisasi program Pilar Pembangunan “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit”. Rapat sinkronisasi digelar di Aula Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja, Sabtu 29 Februari 2020. Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

Dua isu yang menjadi skala prioritas pada penajaman program ini adalah pada persoalan penanganan Stunting dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Dalam arahannya, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae menajamkan program pada pelayanan ODGJ tetap dikerjakan secara terintegrasi mulai dari pelayanan rumah singgah oleh Dinas Sosial, Pendampingan Konseling dan kebutuhan sehari-hari (beras dan lauk pauk) oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), dan Pelepasan Pasien Pasung oleh RSUD Lakipadada.

Untuk pelayanan Stunting tetap menggandeng RSUD Lakipadada terhadap pelayanan Ibu Hamil dan Menyusui melalui pelayanan berbasis wilayah adat (Bua’ dan Penanian), untuk deteksi dini Stunting akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Untuk layanan Tomasiasi akan dilakukan dengan intervensi rujukan kesehatan dan melalui program mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Hal lain yang berkaitan dengan upaya optimalnya pelayanan kesehatan masyarakat juga akan dilakukan secara terintegrasi dimana Dinas Lingkungan Hidup pada program kebersihan lingkungan, Dinas PRKP pada program Sanitasi dan Olahraga kesehatan/olahraga Lansia pada Dinas Pemuda dan Olahraga. (tmk/ap)

5 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Inovasi Pelayanan Kesehatan berbasis Wilayah Adat Bua' dan Penanian Dinkes Tana Toraja, kembali digelar

DISKOMINFO, MAKALE – Salah satu program inovasi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam rangka mendorong pilar Pembangunan “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit” adalah percepatan pelayanan kesehatan berbasis wilayah adat yang disebut dengan Pelayanan Bua’ dan Penanian. Kegiatan diawali di Kecamatan Sangalla’ Selatan, Kamis 12 Maret 2020. Pelayanan Kesehatan Bua’ dan Penanian ini […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
YouTube
YouTube
Instagram