Penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award Tingkat Pusat

admin IKP
1 0
Read Time1 Minute, 48 Second

DISKOMINFO, Makale Kegiatan penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tingkat Pusat diikuti oleh Pemerintah Tana Toraja pada Rabu (22/09/2021).

Berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, kegiatan penilaian ini diiukti oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua TP PKK, Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan, Kadis Lingkungan Hidup,Kadis PUPR, Kadis Kominfo, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kadis Pendidikan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Lembang dan pejabat teknis terkait serta beberapa undangan lainnya.

Sementara itu, tim penilai adalah Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian PUPR, serta Perwakilan UNICEF yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan penilaian secara Virtual.

Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat diatur dalam Permenkes No 3 Tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Kegiatan ini merupakan pendekatan higienitas dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Adapun poin-poin penilaian dalam program STBM antara lain mengenai Sosialisasi untuk tidak buang air besar  sembarangan, cuci tangan pakai sabun, kelola air minum rumah tangga, kelola sampah rumah tangga dan olah limbah cair rumah tangga.

Kabupaten Tana Toraja telah menerbitkan percepatan di Lembang atau Kelurahan untuk mencapai poin-poin tersebut.

Wakil Bupati Tana Toraja dalam paparannya mengatakan program ini adalah langkah strategis bagi pemerintah karena seluruh poin dari program STBM sangat memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan masyarakat apalagi dimasa pandemi COVID-19 ini.

Selanjutnya Beliau mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten akan terus memastikan bahwa program STBM ini bukan hanya sekedar penilaian, tapi juga terus disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga seluruh poin dapat menjadi pemahaman dan kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami terus berupaya untuk memaksimalkan program 5 pilar dalam program STBM. Mudah-mudahan dengan penilaian yang dilakukan hari ini memberikan kami referensi atau pengetahuan terkait hal-hal yang harus kami lakukan agar 5 pilar ini dapat dilakukan secara maksimal. Sehingga masyarakat dapat tumbuh sehat”, ujar Beliau.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat salah satu strategi atau program intervensi yang menitikberatkan pada pencapaian kondisi sanitasi total di masyarakat melalui perubahan perilaku higienis dengan melibatkan seluruh komponen di masyarakat.

Salah satu komponen Sanitasi Total Berbasis Mastarakat yang cukup penting yaitu terciptanya lingkungan yang kondusif (enabling environment). Komponen ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam meningkatkan perilaku higienis dan saniter masyarakat. (edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Tana Toraja Menyerahkan Sertifikat Dalam Upacara HUT Agraria dan Tata Ruang 2021

DISKOMINFO, Makale – Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam UpacaraPeringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021 yang dilaksanakan di kantor BPN Kabupaten Tana Toraja pada Jumat (24/09/2021). Tema dalam upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu