Percepat Pemulihan Ekonomi, Bupati Bersama Forkopimda Pantau Pelaksanaan Padat Karya di Mengkendek

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 31 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menyelaraskan Program Pemulihan ekonomi Nasional dengan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya melalui Program Padat Karya Tunai.

Salah satu kegiatan Pemulihan Ekonomi yang dilakukan antara lain Pembangunan sarana dan prasarana di 47 kelurahan yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Pelaksanaan Program Kegiatan Padat Karya Tunai di Lembang Rantedada dan Kelurahan Tampo Kecamatan Mengkendek dipantau langsung oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae bersama beberapa unsur Forkopimda Kabupaten Tana Toraja, Rabu (16/09/2020)

“Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, Padat Karya Tunai juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa dan pelosok. Pola pelaksanaannya  juga tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19, Eric Cyrstal Ranteallo.

Adapun pekerjaan yang melibatkan masyarakat sekitar yaitu Pembangunan Drainase dan Pembuatan Pagar Keliling Lapangan Tampo di Kelurahan Tampo serta Pengecoran Jalan di Lembang Rantedada dan di wilayah Kecamatan Mengkendek.

Pemerintah Daerah mendorong dan memberdayakan masyarakat setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, penyediaan material juga dilakukan oleh masyarakat yang mempunyai kendaraan dan peralatan.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menggelontorkan anggaran stimulan sebanyak 47 kelurahan yang ada di Kabupaten Tana Toraja masing-masing sebesar Rp.381.819.000,- melalui Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa.

Program Padat Karya Tunai merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dengan skema Padat Karya Tunai dalam pelaksanaannya diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. (dgr/mc)

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja

1 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Proyek Perubahan, Kadis Kominfo Tana Toraja Launching Website Tiga Lembang / Kelurahan

KINAWAKOMI akronim dari Ketersediaan Informasi Pengguna Wadah Komunikasi adalah merupakan ide cemerlang dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. O. Berthy Mangontan sebagai upaya memenuhi kebutuhan layanan informasi hingga ke tingkat Lembang (Desa) dan Kelurahan di Kabupaten Tana Toraja. Melalui inovasi KINAWAKOMI, Ir. Berthy Mangontan membuat website di Tiga Lembang/Kelurahan […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram