Pjs Bupati Tana Toraja Apresiasi Workshop PPKS untuk Bursa Kerja di SMKN 1 dan hadirkan Kadisdik Sulsel serta Mitra Industri

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 58 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tana Toraja menggelar Workshop pengimbasan Pengembangan Pusat Karir Siswa. Workshop yang digelar selama dua hari ini (22 hingga 23 Oktober 2020) dirangkaikan dengan pameran dari sejumlah SMK di Tana Toraja dan juga menghadirkan 5 pemateri.

Yakni hari pertama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Jufri (materi Kebijakan Pengembangan Karir Siswa di SMK), Vice President PT. IKI Makassar (materi Jenjang Karir dan Tuntutan Kompetensi) serta Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (materi Pemilihan Kompetensi Keahlian dan Karir Berdasarkan minat-bakat vokasi).

Sementara di hari kedua, perwakilan Disnaker Tana Toraja-Toraja Utara (materi Kebijakan Penempatan Ketenagakerjaan Dalam Negeri dan Luar Negeri dan Penguatan BKK di SMK) serta perwakilan SMKN 2 Palopo (materi Fungsi dan Teknis Penggunaan Aplikasi BBK Online).

Workshop ini juga merupakan rangkaian kunjungan kerja Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Muhammad Jufri ke Tana Toraja. Dihadiri juga oleh Anggota DPRD Provinsi Sulsel Jufri Sambara’ dan Komisaris PT. Batara Indonesia Ir. Yervis Pakan.

Sementara, Pjs Bupati Tana Toraja Drs. H. Asri Sahrun Said yang juga hadir mengapresiasi workshop pengimbasan pengembangan pusat karir siswa ini.

Menurut Beliau, output dari kegiatan ini dapat mewujudkan terbentuknya Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) SMK Negeri 1 Tana Toraja sehingga mampu mengimbaskan ke SMK lainnya .

Selain itu dapat menjadi penguatan Bursa Kerja Khusus di SMK di Tana Toraja dan Toraja Utara dan terbentuknya BKK pada seluruh SMK di Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Disamping itu kita berharap dapat melahirkan MoU antara dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan SMK di Tana Toraja dan Toraja Utara,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tana Toraja Sofyan Linggi menjelaskan, dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU (kerjasama) antara dua industri dan satu kampus ternama di Makassar.

Yakni PT. Malea Hidro Power bekerjasama dengan 11 SMK yang tersebar di Tana Toraja dan Toraja Utara, PT. Industri Kapal Indonesia kerjasama dengan SMK Bidang Permesinan dan Politeknik Negeri Ujung Pandang kerjasama dengan 49 SMK di Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Kerjasama dimaksud untuk pelaksanaan prakerin, magang guru, kunjungan industri, penyerapan lulusan dan penyelarasan kurikulum serta Pelatihan K3 bagi Guru SMK yang produktif,” jelas Sofyan Linggi.

Selanjutnya beliau menyampaikan kegiatan lanjutan dari Workshop ini akan dilaksanakan kegiatan Job Matching/Job Fair dengan melibatkan Pemda Tana Toraja dan Toraja Utara melalui Disnaker dengan mengundang Dunia Industri ke Toraja dalam Pameran Bursa Kerja. (dgr/tm)

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perum Damri Gagas Kerjasama Layanan Angkutan Penumpang dengan Bandara Toraja

DISKOMINFO, MAKALE – Kabar gembira kembali datang dari Bandara Toraja, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Setelah subsidi tiket pesawat Wings Air berlaku, kali ini Perum Damri gagas kerjasama dengan Bandara Toraja. Kerjasama ini untuk layanan angkutan penumpang Bandara Toraja baik antar ataupun jemput. Kepala Bandara Toraja Rasidin menjelaskan, terkait kerjasama ini […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram