Rampungkan Data Penduduk, Disdukcapil Tana Toraja Terapkan Sistem Layanan Khusus

Daniel Galenta
Read Time1 Minute, 53 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja terus melakukan upaya memenuhi pelayanan ke masyarakat. Totalitas dan kreatifitas terus dilakukan khusus untuk merampungkan data penduduk, Sabtu (19/9/2020).

Tak hanya membuka layanan di kantor, melainkan juga menerapkan sistem jemput bola atau mendatangi rumah-rumah warga. Selain itu untuk mempercepat perampungan data penduduk, Disdukcapil Tana Toraja juga memberikan layanan khusus bagi warga lansia dan yang sedang sakit.

Seperti yang dilakukan terhadap seorang lansia asal Lembang Ratte Tolenge, Tana Toraja bernama Ester Ratte Linggi’. Karena sedang sakit dan juga sudah lansia, petugas mendatangi rumahnya untuk melakukan perekaman E-KTP.

“Selain untuk mempercepat atau merampungkan data penduduk kita juga tidak ingin mempersulit warga,” ucap Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Tana Toraja, Soehartono A. Lebang, S.Kom.,MM.

Selanjutnya beliau mengatakan seorang warga yang lumpuh di Kecamatan Batualu Selatan juga kami berikan layanan khusus. Untuk diketahui, sistem atau cara ini sudah dilakukan petugas Disdukcapil selama dua hari. Selama dua hari tercatat kurang lebih 50 warga telah melakukan perekaman E-KTP.

“Kita masih akan jalan hingga warga yang sudah wajib memiliki E-KTP rampung,” ungkapnya.

Sementara, di tengah Pandemi Covid-19 Disdukcapil Tana Toraja juga memberikan kemudahan melalui layanan daring/online bagi warga yang ingin mengurus administrasi kependudukan. Dimana warga bisa mencetak kartu keluarga (KK) dari rumah. Tidak hanya KK, administrasi kependudukan seperti akta kelahiran juga bisa dicetak dari rumah.

Pencetakannya pun sangat mudah, cukup menggunakan kertas HVS ukuran 80 gram (warna putih). Warga pun tidak usah risau, karena cara ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

“Warga masyarakat yg belum melakukan perekaman atau bermasalah data ktpnya agar proaktif baik pada saat kami turun pelayanan ke Lembang/Kelurahan ataupun mengajukan permohonan lewat media daring. Jadi ini sangat memudahkan warga, cetak Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran cukup dari rumah saja, apalagi masih masa pandemi Covid-19,” tambahnya.

Bagi masyarakat yang akan mengurus Dokumen Kependudukan seperti Kartu Keluarga, Biodata Penduduk, Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian dan Akta Pencatatan Sipil lainnya dapat mengajukan permohonan melalui Media Daring/Online melalui WhatsApp Dukcapil Tana Toraja nomor 0811406112. (dgr/tm/tn)

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinas Parawisata Tana Toraja Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

DISKOMINFO, MAKALE – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Parawisata Tana Toraja menggelar Pelatihan Pemandu Wisata di Kantor Dinas Pariwisata, Senin (21/9/2020). Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, para narasumber, 9 Kelompok Sadar Wisata dan Pelaku Industri Pariwisata serta generasi muda di setiap destinasi. Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas, Anita Kayangan […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram