Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 8 Second

DISKOMINFO, MAKALE- Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara virtual pada Rabu (03/03/2021) di ruang kerja Bupati. Rakornas dilaksanakan dalam rangka penguatan koordinasi dan sinergitas penyelenggaraan penanggulangan bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam kegiatan secara virtual tersebut turut hadir pula Kepala Kejaksaan, Ketua DPRD, Wakapolres Tana Toraja dan beberapa pejabat lainnya.

Rakornas dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan diikutii oleh seluruh jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gubernur, Bupati/Wali Kota, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana dan termasuk ke dalam 35 negara paling rawan risiko bencana di dunia.

Presiden menegaskan, kunci utama dalam mengurangi risiko tersebut adalah pencegahan dan mitigasi bencana. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa aspek lain dalam manajemen kebencanaan menjadi tidak diperhatikan.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik, detail. Jangan sampai kita hanya bersifat reaktif saat bencana terjadi,” tegas Beliau.

Kepala Negara juga mengingatkan bahwa sistem peringatan dini harus berfungsi dengan baik dan selalu dicek, sehingga dapat bekerja dengan cepat dan akurat. Respon terhadap peringatan dini tersebut juga harus cepat.

Terakhir, Presiden menginstruksikan jajarannya agar terus meningkatkan upaya edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait dengan kebencanaan, dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. (edr/tmk)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemerintahan Tana Toraja Dan BPJS Kesehatan Bahas Tentang Program Jaminan Kesehatan

DISKOMINFO, Makale – BPJS Kesehatan Cabang Makale dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja gelar pertemuan forum kemitraan pemangku kepentingan, Sabtu (06/03). Pertemuan berlangsung di ruang kerja Bupati dan dihadiri Wakil Bupati dr.Zadrak Tombeg, Ketua DPRD Welem Sambolangi, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Makale Sanny Christian dan sejumlah Kepala OPD lingkup […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu