Sosialisasi Dan Diskusi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Dan Penyusunan Roadmap Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 53 Second

DISKOMINFO, Makale – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja bekerja sama Bank Indonesia Sulawesi Selatan mengadakan Sosialisasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan penyusunan Roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Rabu (06/10/2021)

Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Tana Toraja, Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Makale, Kepala Bapenda sebagai Sekertaris TP2DD, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Devi Ika Puspitosari dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tana Toraja merupakan kabupaten ke 19 yang dikunjungi untuk sharing dan asistensi terkait program ini.

Tujuan pelaksanaan program ini adalah pengkinian data terhadap IETPD dan penyusunan Roadmap TP2DD. Terkait IETPD, Tana Toraja sudah berada pada posisi “maju” yang mana dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkat menjadi “digital”.

“Terkait IETPD, kami sebenarnya sudah mempunyai data bahwa posisi Tana Toraja saat ini adalah diposisi “maju”, nah ini kami berharap dengan adanya sharing pagi ini, kita dapat melakukan pengkinian data maka posisi tersebut diharapkan akan bisa naik menjadi “digital””, ujar Beliau

Inisiatif Bank Indonesia dalam rangka mempercepat implementasi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah tidak berhenti pada pembentukan TP2DD tetapi juga dalam hal inovasi digitalisasi pembayaran seperti QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), mendorong penggunaan platform e-commerce dan mengoptimalkan penyedia jasa pembayaran yang dikolaborasikan dengan bank pembangunan setempat.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia untuk pembayaran pajak PBB, BPHTB, reklame dan retribusi parkir dan transaksi keuangan lainnya.

“TP2DD ini merupakan wadah koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait yang dibentuk untuk mendorong inovasi, percepatan dan perluasan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah”, tambah Beliau.

Bupati Tana Toraja menyambut baik adanya program digitalisasi keuangan dari Bank Indonesia. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa transaksi digital akan sangat membantu dalam meningkatkan efesiensi dan efektivitas layanan.

“Bagaimanapun program digitaliasasi ini akan sangat membantu meningkatkan efektifitas, efisiensi dan ekonomis”, ujar Beliau

Beliau menambahkan digitalisasi pembayaran akan memberikan masyarakat keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

“Saya berharap kita lakukan langkah-langkah progresif karena hal ini akan sekaligus mengajarkan masyarakat untuk menabung”, tambah Beliau.

Kegiatan sosialisasi diisi dengan pemaparan materi Indeks Elektronifikasi Transaksi Daerah (IETPD) dan penyusunan Roadmap TP2DD oleh Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Devi Ika Puspitosari. (edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu