Vaksinasi Ibu Hamil Mulai Dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 19 Second

DISKOMINFO, Makale – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja bersama Tim Penggerak PKK menggelar vaksinasi ibu hamil pada Jumat (27/08/2021). Bertempat di Rumah Jabatan Bupati, vaksinasi dibuka langsung oleh Bupati Tana Toraja.

“Hari ini kita melaksanakan vaksinasi ibu hamil dalam rangka untuk melindungi ibu hamil dan bayi dari COVID-19”, ujar Beliau.

Untuk awal, 30 orang ibu hamil melaksanakan vaksinasi, mereka berasal dari 3 kecamatan yaitu Makale, Makale Utara dan Makale Selatan.

“Kita berharap dalam 1 bulan, seluruh ibu hamil di Tana Toraja telah menyelesaikan vaksinasinya dan mudah-mudahan seluruh kegiatan ini berjalan dengan baik”, tambah Bupati Tana Toraja.

Adapun syarat-syarat vaksinasi ibu hamil adalah suhu tubuh dibawah 37,5 derajat Celcius, tekananan darah dibawah 140/90 mmHg, usia kehamilan di trimester keduan atau diatas 13 minggu, tidak ada tanda-tanda preeklamsia seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur. Preeklamsia adalah kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine. Kondisi ini terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Preeklamsia harus diberikan penanganan untuk mencegah komplikasi dan mencegahnya berkembang menjadi eklamsia yang dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia adalah ibu hamil berusia lebih dari 40 tahun atau di bawah 20 tahun.

Syarat lainnya adalah tidak memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak atau bidur diseluruh tubuh. Syarat lainnya sama seperti syarat vaksinasi pada umumnya.

Prosedur pelaksaan vaksinasi ibu hamil menghadirkan dokter spesialis obgyn (obstetrics and gynecology) atau dokter kandungan pada proses skrining kedua untuk memastikan keadaan ibu dan bayi dalam keadaan yang baik sebelum menerima vaksinasi. (edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Data Monitoring Penanganan Covid-19 Kab. Tana Toraja Hari Sabtu, Tanggal 28 Agustus 2021, Pukul 17.00 WITA:

Sebanyak 52 yang Selesai Isolasi tersebar di: Kec. Makale 32, Kec. Rembon 3, Kec. Bittuang 2, Kec. Rantetayo 1, Kec. Gandangbatu Sillanan 6, Kec. Makale Utara 6, Kec. Kurra 1 dan Kec. Simbuang 1. Selain itu Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 68 tersebar di Kec. Makale 26, Kec. Mengkendek 13, […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu