Virtual Showcase UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Toraja dan Peluncuran Road to Toraja Highland Festival 2021

admin IKP
0 0
Read Time2 Minute, 21 Second

DISKOMINFO, Makale – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno resmi meluncurkan Road To Toraja Highland Festival secara hybrid pada Kamis (22/07/2021) dari objek wisata To’Tombi Lolai,Kecamatan  Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara .

Virtual showcase tersebut diikuti pula oleh Bupati dan Wakil Bipati Tana Toraja, Wakil Bupati Toraja Utara, Direktur MRT Jakarta, Executive Vice Presiden PT. Telkom Indonesia, Ketua DPP MASATA (Masyarakat Sadar Wisata) sekaligus sebagai pemandu acara, Ketua Umum Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja,Uskup Agung Makassar, Tokoh Masyarakat Toraja serta peserta lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Tana Toraja menyampaikan bahwa Toraja mempunyai banyak potensi wisata yang komprehensif, ada budaya, alam dan kreatifitas-kreatifitas lain sehingga butuh sentuhan agar lebih terlihat lagi.

“Pak Menteri, kami sangat berharap agar Toraja ini dapat digarap bersama-sama karena kami yakin Toraja akan mampu setara dengan daerah lain, apalagi daerah kami ini sangat komprehensif, kami ada budaya, alam dan kreatifitasnya sangat luar biasa, ada tenun, kopi, ukiran yang memang membutuhkan sentuhan-sentuhan”, ujar Bupati Tana Toraja.

Sementara itu  saat membuka sekaligus meluncurkan Road To Toraja Highland Festival, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada MASATA  dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara serta PT. Telkom Indonesia yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

Beliau menambahkan, ditengah pandemi dan varian delta yang menambah dinamika penanganan dampak dari pandemi ini kita harus meningkatkan sense of crisis, sense of urgency, sense of humanity namun the show must go on, caranya dengan tetap beradaptasi dengan perubahan.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus mendukung pengembangan UMKM di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ada beberapa program yang akan kita kolaborasikan,” tambah Beliau.

Disampaikan pula bahwa Beliau mendapat pesan dari Presiden sendiri setelah mengunjungi Bandara Toraja kemarin agar budaya asli Toraja terutama arsitektur Toraja tetap dijaga dan kalau bisa dikunci dengan kebijakan-kebijakan yang ramah terhadap pariwisata yang berpihak kepada kearifan lokal.

“Mudah-mudahan kita mampu menjadikan Toraja ini bukan Super Prioritas tapi Super Berkualitas”, ujar Beliau menutup sambutannya.

Dalam virtual showcase tersebut menghadirkan UMKM khas Toraja seperti Tenun, Kerajinan Ukir, Kopi, Markisa, Selai Terong Belanda (Tamarillo) dan Kerajinan Lukis.

Virtual Showcase UMKM adalah rangkaian kegiatan dari Road to Toraja Highland Festival yang rencanya akan berlansung dari tanggal 6 Agustus sampai 11 Agustus 2021.

Virtual Showcase UMKM tersebut ditutup dengan sambutan Uskup Agung Makassar Mgr. Johannes Liku Ada’. Beliau mengatakan Toraja patut bersyukur karena sekurang-kurangnya ada 4 anugerah besar yang diberikan Tuhan yaitu budaya yang khas, alam yang indah, iklim yang sejuk dan masyarakat Toraja secara tradisional ramah dan toleran.

“Saya kira bila unsur ini bisa dikelola dengan baik akan sangat membantu pengembangan pariwisata Toraja”, ujar Beliau.

Virtual showcase tersebut dilaksanakan sambil menikmati panorama awan, juga menampilkan UMKM binaan PT. Telkom Indonesia berupa penenun, pengrajin ukiran dan lukisan budaya Toraja serta tak lupa suguhan kopi arabika Toraja. (edr/ikp)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Data Monitoring Penanganan Covid-19 Kab. Tana Toraja Hari Sabtu, Tanggal 24 Juli 2021, Pukul 17.00 WITA:

Sebanyak 30 yang Selesai Isolasi tersebar di:Kec. Bonggakaradeng 1, Kec. Mengkendek 1, Kec. Sangalla Utara 3, Makale Utara 11, Kec. Gandangbatu Sillanan 2 dan Kec. Makale 12. Selain itu Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 51 tersebar di:Kec. Masanda 4, Kec. Saluputti 5, Kec. Simbuang 1, Kec. Sangalla 3, Kec. Gandangbatu […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu