Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Antusias Menikmati Seduhan Kopi Arabika Khas Tana Toraja

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 33 Second

DISKOMINFO, Makale – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Tana Toraja pada Minggu (21/11/2021). Kedatangan Beliau dan tim disambut langsung oleh Bupati Tana Toraja dan jajaran Forkopimda di Bandara.

Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kali ini dalam rangka melihat langsung Desa Kole Sawangan Kecamatan Malimbong Balepe’ yang merupakan salah satu dari 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Selain itu, Beliau mengunjungi pula tempat wisata andalan Tana Toraja yaitu Sa’pa Bayo-Bayo Sangalla’ dan Patung Yesus Buntu Burake. Di Sa’pa Bayo-Bayo Beliau menyaksikan berlangsungnya proses vaksinasi sembari menyapa dan berbincang-bincang dengan masyarakat setempat.

Di Desa Kole Sawangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terlihat antusias menikmati seduhan kopi arabika khas Tana Toraja.

Kole Sawangan dianggap telah siap menyambut wisatawan dengan daya tarik yang dimiliki.

“Karena kerja cepat dari birokrasi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang sudah mengeluarkan SK (desa wisata) dan mengurus kelengkapan dokumen. Karena desa wisata itu bisa maju kalau dukungannya adalah semua pihak berkolaborasi”, ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Kekuatan adat dan budaya menjadi daya tarik utama dari Desa Wisata Kole Sawangan. Di desa wisata ini wisatawan dapat ditemui deretan Tongkonan atau rumah adat orang Toraja yang indah. Di Kole Sawangan terdapat salah satu Tongkonan tertua di Toraja. Tongkonan tersebut dibangun pada tahun 1200 dan beratap batu. Namun pada tahun 1939, Tongkonan tersebut terbakar dan dipugar 7 tahun kemudian.

“Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam,” tambah Menparekraf Sandiaga Uno

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa, maka saya resmikan, saya nyatakan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai desa wisata Indonesia Bangkit. Mudah-mudahan pencapaian ini akan menjadi awal dari kebangkitan kita ke depan,” ungkap Beliau. (ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Update Data Monitoring Penanganan Covid-19 Kab. Tana Toraja Hari Senin, Tanggal 22 November 2021, Pukul 17.00 WITA :

Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 2 di Kec. Mengkendek. Dengan demikian Total Terkonfirmasi hari ini sebanyak 4.780 terdiri dari : Proses sebanyak 13 (Isolasi Mandiri). Selesai Isolasi 4.681 dan Meninggal dunia 86. Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengungkapkan duka yang mendalam atas meninggalnya warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tana […]

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu