Ketua Bawaslu Tana Toraja menghadiri Sosialisasi Tahapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 28 Second

DISKOMINFO, Makale – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tana Toraja menghadiri  kegiatan Sosialisasi Tahapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan pada  Senin 14 Februari 2022 di Hotel Celebes Malino  Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Drs. H.L. Arumahi, MH, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Jalaludin dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Azry Yusuf, SH.,MH, Asradi, SE,.MH serta sebagai narasumber Dr. Zulkifli Aspan, SH.,MH. Dengan Peserta Kordiv HPPS Bawaslu Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Drs. H.L. Arumahi M.H. Dalam sambutannya Beliau menuturkan bahwa penyegaran kembali regulasi yang mengatur penyelesaian sengketa proses Pemilu ini penting dilaksanakan. Putusan yang dihasilkan adalah mahkota dari Bawaslu sehingga perlu adanya pemahaman dan pengetahuan yang baik dan benar. Diakhir sambutannya Beliau mengatakan bahwa ditengah pandemi COVID ini Bawaslu diperhadapkan dengan kondisi yang memaksa  menyelesaikan penanganan sengketa proses pemilu tidak dilakukan secara tatap muka sehingga Bawaslu RI perlu merancang tata cara PSPP secara online.

Sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 telah ditetapkan Pemilu serentak 14 Februari 2024, oleh karena itu Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan siap menangani Penyelesaian sengketa Proses Pemilu dengan melaksanakan Sosialisasi Tahapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu.

Asradi, SE,.MH selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu (PSPP) dalam arahannya mengatakan pada Pemilu Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 terdapat 73 Kasus Sengketa yang diselesaikan  dan masih menggunakan Undang-Undang 7 Tahun 2017 sehingga lebih memudahkan kita dalam memahami regulasi. Dalam hal Penanganan penyelesaian sengketa proses Pemilu tentunya juga berdasarkan Perbawaslu 5 tahun 2019.  Beliau menguraikan bahwa Perbawaslu tersebut telah diterapkan dan dipakai pada Pemilu 2019 sehingga kegiatan sosialisasi ini adalah penguatan atas aturan tersebut. (edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Musrenbang Kecamatan Makale Utara

DISKOMINFO, Makale – Kecamatan Makale Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 di Kantor Kecamatan Makale Utara pada Selasa (15/02/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Kajari Makale, Dandim 1414 Tana Toraja, Kepala BNNK Tana Toraja, Ketua TP-PKK Tana Toraja, Kepala Bappeda. Bupati Tana Toraja, […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu