Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Berkelanjutan Tingkat Pusat

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 9 Second

DISKOMINFO, Makale – Kabupaten Tana Toraja melakukan Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Berkelanjutan Tingkat Pusat Tahun 2022. Kegiatan tersebut digelar di Ruang Rapat Bupati, Selasa (4/10/2022).
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati, Wakil Ketua TP PKK, Kepala Dinas terkait, Camat, Lurah/Lembang, Tokoh Agama serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr.Rudi Andilolo mengatakan Kabupaten Tana Toraja mendorong 5 lembang yaitu To’Sapan, Lea, Burake, Lemo dan Garassik sebagai lokus untuk penilaian STBM.
“Puji Tuhan hari ini kita telah melakukan pengujian dari pusat dan provinsi mengenai paparan data yang telah sajikan tadi. Kita berharap semua peran stakeholder dapat dilaksanakan dengan baik agar kesehatan lingkungan dapat terjaga serta perilaku masyarakat bisa berubah seperti BAB di jamban, selalu ingat cuci tangan, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar serta mengelola limbah cair rumah tangga degan aman”, ucap Beliau.


Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.
Dalam PERMENKES Nomor 3 Tahun 2014, strategi penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) meliputi 3 (tiga) komponen yang saling mendukung satu dengan yang lain yaitu:
– Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment);
– Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation);
– Peningkatan penyediaan akses sanitasi (supply improvement);
Apabila salah satu dari komponen STBM tersebut tidak ada maka proses pencapaian 5 (lima) Pilar STBM tidak maksimal. Tiga strategi ini disebut Komponen Sanitasi Total.(edr/ikp)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kirab Pelajar Andalan SMA dan SMK

DISKOMINFO, Makale – Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung,SE menerima rombongan Kirab Pelajar Andalan SMA dan SMK di Rumah Jabatan pada Selasa (4/10/2022). Kirab Pelajar SMAN dan SMKN sederajat dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan dalam rangka penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi ke 353 Sulawesi Selatan Tahun 2022. Saat menyambut rombongan, Bupati […]
Instagram
YouTube
YouTube
Follow by Email
RSS