Bupati Tana Toraja Sebagai Pembicara Dalam Webinar Nasional LPPN

Ela Dik Roth
0 0
Read Time1 Minute, 40 Second

DISKOMINFO, MAKALE – Lembaga Pendamping Pembangunan Nasional (LPPN) menyelenggarakan webinar nasional pada Rabu (17/03/2021) dengan tema “Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Desa di Kawasan Timur Indonesia”. Webinar tersebut diadakan secara gratis melalui Zoom Meeting.

Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung merupakan salah satu pembicara dalam webinar nasional tersebut. Bupati Tana Toraja dipilih sekaligus mewakili Kepala Daerah Kawasan Timur Indonesia. Adapun pembicara lainnya adalah Juru Bicara Presiden RI M. Fadjroel Rachman, Wakil Menteri Desa, PDTT RI Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri PUPR RI Jhon Wempi Wetipo, dan Anggota Komisi V DPR RI Jimmy Demianus Ijie.

Saat memberikan pengantar, Fadjroel Rachman menjelaskan Kawasan Timur Indonesia kini menjadi fokus pembangunan infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini sebagai bagaian amanah Nawa Cita yakni membangun dari pinggiran. Pembangunan di Kawasan Timur Indonesia juga dilakukan untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan dengan Kawasan Barat Indonesia.

“Visi Bapak Presiden tentang pembangunan infrastruktur di Indonesia, beliau mengatakan terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian dan berlandaskan undang-undang. Inilah yang mendasari pembangunan di Indonesia saat ini dengan Indonesia Sentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Pembangunan adalah upaya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran yang merata secara nasional”, ujar Jubir Presiden RI.

Kondisi yang terjadi sekarang adalah Kawasan Barat Indonesia sering kali dianggap lebih berkembang dibandingkan Kawasan Timur Indonesia.

Terkait infrastruktur di Tana Toraja, Bupati menjelaskan secara khusus untuk wilayah yang berada di pegunungan masih membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah pusat. Pembangunan jalan yang belum memadai sehingga distribusi barang dan jasa juga masih cukup sulit. Khusus untuk pembangunan desa, masih cukup banyak desa yang masuk dalam kategori desa tertinggal dan semi tertinggal karena terbatasnya sarana dan pra sarana.

“Untuk sektor pariwisata, Toraja sudah memiliki potensi pariwisata yang cukup. Jika Bapak Presiden berkenan menjadikan Toraja sebagai salah satu kawasan strategis di bidang pariwisata, kita yakin lima tahun ke depan Toraja akan memberikan konstribusi devisa yang luar biasa bagi negeri ini. Toraja memiliki sejumlah destinasi yang perlu dikembangkan”, ujar Beliau. (edr/tmk)

sumber foto : Rahmat / Paul – Diskominfo Tana Toraja

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kunjungan Menteri Perhubungan ke Bandara Toraja Sebelum Diresmikan

DISKOMINFO, MAKALE – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi tiba di Bandara Toraja, Kecamatan Mengkendek Tana Toraja, Rabu (17/03/2021). Menhub tiba di Bandara Toraja sekitar pukul 11:00 Wita. Kunjungan Menhub untuk memantau persiapan penyambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedianya akan sekaligus meresmikan Bandara Toraja pada Kamis (18/03/2021). […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram