Diskominfo Tana Toraja Menggelar Sosialisasi Dan Bimtek PPID Untuk Optimalisasi Keterbukaan Informasi

admin IKP
0 0
Read Time1 Minute, 40 Second

DISKOMINFO, Makale – Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan Sosialisasi dan bimbingan teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup pemerintahan Kabupaten Tana Toraja di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Pariwisata pada Selasa, 21 Desember 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah, Kepala Diskominfo, Sekretaris OPD dan undangan lainnya.

Narasumber sosialisasi yaitu Fauziah Erwin, S.H., CLA dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan yang menyampaikan materi terkait urgensi keterbukaan informasi publik, Rusdy Suddin, S.T.,M.T dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan terkait manajemen teknis pengelolaan PPID dan Ayu Rizkia, S.IP dari Kementerian Dalam Negeri memberikan bimbingan teknis aplikasi PPID Kemendagri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tana Toraja Ir. O. Berthy Mangontan, M.Adm.KP dalam sambutannya mengungkapkan, pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Tana Toraja dinilai belum maksimal, melalui PPID ini diharapkan bisa memperjelas mekanisme publikasi agar dapat menghimpun seluruh informasi OPD.

“Keterbukaan dalam informasi publik sangat penting, ada informasi yang wajib menjadi kebutuhan publik yang harus kita sampaikan melalui website PPID, ada juga informasi yang rahasia dan tidak dapat dipublikasi”, ujar Beliau.

Sementara itu, Sekretaris Daerah DR. Ir. Semuel Tande Bura, M.M saat membuka kegiatan ini secara resmi menyampaikan bahwa sekarang ini informasi harusnya sudah dapat diakses dengan mudah, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat dunia seolah-olah ada dalam genggaman kita. Melalui smartphone yang kita miliki kita dapat mengakses informasi yang kita butuhkan.

Beliau menambahkan, OPD sebagai perangkat daerah adalah pengelola dan penyedia informasi mengenai sistem pemerintahan dan pembangunan daerah, oleh karena itu keterbukaan informasi publik menjadi sangat penting.

“Lewat pertemuan ini, kita perlu memiliki pemahaman yang sama supaya dalam mengelola informasi dan dokumentasi dapat memberi manfaat dan kontribusi dalam penyelenggaraan pembangunan di kabupaten kita ini sehingga masyarakat juga dapat mengkonsumsinya dengan baik, benar dan bertanggung jawab”, ujar Beliau.

Perlu diketahui, PPID merupakan wadah bagi OPD dan kecamatan dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat secara online yang terhubung langsung ke Kementerian Dalam Negeri. Adapun website untuk PPID Tana Toraja adalah ppid.tanatorajakab.go.id. (edr/ikp)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hariadi, Penyuluh Dinas Pertanian Tana Toraja Menerima Penghargaan Dari Kementerian Pertanian

DISKOMINFO, Makale – Bersama 7 orang penyuluh pertanian seluruh Indonesia, Hariadi dinobatkan sebagai penyuluh pertanian berprestasi di ajang Apresiasi SDM Pertanian 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian pada Rabu (22/12/2021) di Ciawi, Bogor. Inovasi yang dilakukan Hariadi adalah penumbuhan kelembagaan petani berbasis korporasi kopi terpadu. Beliau mengatakan untuk mencapai pasar […]

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram
Open chat
Hello, ada yang bisa kami bantu