Kesepakatan Batas Daerah Tana Toraja-Pinrang dalam Rakor Penyelesaian Batas Daerah

Daniel Galenta
0 0
Read Time1 Minute, 38 Second

DISKOMINFO – Rapat Koordinasi Penyelesaian Batas Daerah yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dilaksanakan di Ruang Data Command Center Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung mulai Selasa, 04 Mei 2021 sampai dengan Jumat, 07 Mei 2021.

Kegiatan Rapat Koordinasi Penyelesaian Batas Daerah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 126/2408/BAK tanggal 29 April 2021 untuk melakukan Rapat Koordinasi dengan Tim Penegasan Batas Daerah Kabupaten/Kota. Materi rapat tersebut membahas segmen batas dan menetapkan batas daerah berdasarkan berita acara kesepakatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja, Dr. Ir. Semuel Tande Bura, MM mewakili Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, menandatangani Berita Acara Kesepakatan Batas Daerah bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang, Ir. Budaya dan disaksikan oleh Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Drs. Laode Ahmad P.B., AP., M.Si

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja, batas daerah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Pinrang sudah tidak ada masalah.

“Untuk batas Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Pinrang sudah tidak ada masalah karena sudah terpasang patok batas dari Topdam(Topography Service) XIV Hasanuddin”, ungkap beliau.

Hasil kesepakatan dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Nomor 02/BAD II/IX/V/2021 pada Selasa, 04 Mei 2021. Adapun hasil kesepakatan sebagai berikut:

  1. Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang dan Tana Toraja sepakat tidak terdapat permasalahan.
  2. Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang dan Tana Toraja sepakat terhadap penarikan garis batas.
  3. Untuk pertigaan batas antara Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan dengan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat serta pertigaan batas antara Kabupaten Tana Toraja denga Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang, akan dilakukan kajian oleh Kementerian Dalam Negeri.
  4. Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Tana Toraja sepakat untuk ketahap selanjutnya yaitu penetapan draft Permendagri batas daerah Kabupaten Pinrang dengan Kabupaten Tana Toraja.

Kementerian Dalam Negeri berharap proses kelengkapan data mengenai daftar tabel pilar batas antara Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Tana Toraja dapat diselesaikan secepatnya. (dgr/tmk)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Please follow and like us:

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari ketiga, Kesepakatan Batas Daerah Tana Toraja,Torut, Enrekang dan Luwu dalam Rakor Penyelesaian Batas Daerah

DISKOMINFO – Rapat Koordinasi Penyelesaian Batas Daerah, hari ketiga dilaksanakan di Ruang Data Command Center Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (06/05/2021) Kegiatan Rapat Koordinasi Penyelesaian Batas Daerah yang dilaksanakan pada hari ketiga membahas sebanyak 11 kesepakatan antardaerah setelah dihari pertama membahas sebanyak 12 kesepakatan dan hari kedua sebanyak 12 […]

Subscribe US Now

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Instagram